Implementasi Visi dan Misi dalam Membentuk Siswa Berakhlaqul Karimah di Sekolah Menengah Kejuruan al-Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri
Abstrak
Konteks dalam penelitian ini; pertama, bagaimana rumusan visi dan misi di SMK Al Ikhlas Kaliboto Tarokan. Kedua, bagaimana implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk siswa berakhlak mulia di SMK Al Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan temuan: 1). Praktik merumuskan visi dan misi di SMK Al Ikhlas Tarokan sudah baik karena didasarkan pada kebutuhan masyarakat sekitar dan memuat pernyataan cita-cita, singkat, realistis, menarik, mudah diingat, mudah ditelusuri keyakinannya. dan tidak meninggalkan ciri khas sekolah. 2) Implementasi visi misi sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah di SMK Al Ikhlas Tarokan di lingkungan pondok pesantren dengan menggunakan metode keteladanan, nasehat, motivasi, hukuman, pemberian hadiah, pembiasaan, pengawasan, berjalan dengan baik dan dilaksanakan oleh semua guru, sebagian besar adalah alumni pondok pesantren.
Kata kunci; implementasi visi dan misi, akhlaqul karimah, SMK al-Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri
Referensi
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Kartono, Kartini, Patologi Sosial II: Kenakalan Remaja , Jakarta: Rajawali, 1995.
Lichona, Thomas, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab, Terj. Juma Abdu Wamaungo; Ed. Uyu Wahyudin Dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Observasi, 10 Mei 2021.
Observasi, 7 Mei 2021.
Umar, Munirwan, “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anakâ€, Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2015.
Undang- Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2010.
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam , Jakarta: Bina Aksara, 1992.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.