Implementasi Visi dan Misi dalam Membentuk Siswa Berakhlaqul Karimah di Sekolah Menengah Kejuruan al-Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri

  • Ahmad Ali Riyadi Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Achmad Choliq Institus Agama Islam Tribakti Kediri
  • Khoiriyah Institut Agama Islam Neneri Surakarta
Kata Kunci: implementasi visi dan misi, akhlaqul karimah, SMK al-Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri

Abstrak

Konteks dalam penelitian ini; pertama, bagaimana rumusan visi dan misi di SMK Al Ikhlas Kaliboto Tarokan. Kedua, bagaimana implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk siswa berakhlak mulia di SMK Al Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi.

Penelitian ini menghasilkan temuan: 1). Praktik merumuskan visi dan misi di SMK Al Ikhlas Tarokan sudah baik karena didasarkan pada kebutuhan masyarakat sekitar dan memuat pernyataan cita-cita, singkat, realistis, menarik, mudah diingat, mudah ditelusuri keyakinannya. dan tidak meninggalkan ciri khas sekolah. 2) Implementasi visi misi sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah di SMK Al Ikhlas Tarokan di lingkungan pondok pesantren dengan menggunakan metode keteladanan, nasehat, motivasi, hukuman, pemberian hadiah, pembiasaan, pengawasan, berjalan dengan baik dan dilaksanakan oleh semua guru, sebagian besar adalah alumni pondok pesantren.

Kata kunci;  implementasi visi dan misi, akhlaqul karimah, SMK al-Ikhlas Kaliboto Tarokan Kediri

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur, Dialektika Pesantren dengan Tuntutan Zaman, Jakarta : Qirtas, 2003.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Kartono, Kartini, Patologi Sosial II: Kenakalan Remaja , Jakarta: Rajawali, 1995.
Lichona, Thomas, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab, Terj. Juma Abdu Wamaungo; Ed. Uyu Wahyudin Dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Observasi, 10 Mei 2021.
Observasi, 7 Mei 2021.
Umar, Munirwan, “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”, Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2015.
Undang- Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2010.
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam , Jakarta: Bina Aksara, 1992.
Diterbitkan
2022-06-15