Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Mojotrisno Mojoagung Jombang
Abstrak
Abstraksi
Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Mojotrisno Mojoagung Jombang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Untuk pengujian hipotesis peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dengan rumus Chi Kuadrat
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari pengujian hipotesis dapat diketahui harga Chi Kuadrat Hitung X2 sebesar 11,385. Dan diperoleh harga kritik Chi Kuadrat Pada taraf signifikan 5% = 9,488 dan pada taraf signifikan 1% = 13,278. Hal tersebut membuktikan bahwa Ternyata X2 hitung lebih besar dari pada X2 tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% yakni 13,227 < 11,385 > 9,488. Untuk koefisien kontingensi (C) = 0,537 dan untuk Cmaks = 0,816 dengan membandingkan antara keduanya nilai yang muncul = 0,658 bila dikonsultasikan kedalam tabel interprestasi maka hubungan antara kedua Variable tersebut tergolong “Cukupâ€.
Kata Kunci : Media Audio Visual; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 1998), Cet. 11
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. TT, TK, TP
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. (Jakarta: Ciputat, 2002)
Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)
Darmanto, Media Pembelajaran. TK, TP, 2010
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: Cita Adtiya Bakri, 1994)
Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana, 2011)
Majid, Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam (Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)
Mulyono & Ismail Suardi Wekke, Srategi Pembelajaran di Abad Digital. (Yogyakarta : CV. Adi Karya Mandiri, 2018)
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008)
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Hostoris, Teoritis dan Praktis, (Ciputat Pers: 2002)
Poerbakawatja, Soegarda, HLM., A. Harahap, Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta: Gunug Agung, 1982)
Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi, (Banjarmasin: IAIN Antasari press, cet II, 2012)
Rohayati, Titin, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0†dalam Mohamad Adam Rusmana dkk (ed.), Pengembangan Pembelajan PAI di Era Digital. (CV. Amerta Media, 2020)
Sadiman, Arief S., (dkk), Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, (Bandung:Alfabeta, 2010)
Suyanto, Agus, Psikologi Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.