Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Mojotrisno Mojoagung Jombang

  • Shofwatal Qolbiyyah Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Adibah Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Tanjudan Sukmawinata Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Media Audio Visual; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Abstraksi

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Mojotrisno Mojoagung Jombang.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Untuk pengujian hipotesis peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dengan rumus Chi Kuadrat

Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari pengujian hipotesis dapat diketahui harga Chi Kuadrat Hitung X2 sebesar 11,385. Dan diperoleh harga kritik Chi Kuadrat Pada taraf signifikan 5% = 9,488 dan pada taraf signifikan 1% = 13,278. Hal tersebut membuktikan bahwa Ternyata X2  hitung lebih besar dari pada X2 tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% yakni 13,227 < 11,385 > 9,488. Untuk koefisien kontingensi (C) = 0,537 dan untuk Cmaks = 0,816 dengan membandingkan antara keduanya nilai yang muncul = 0,658 bila dikonsultasikan kedalam tabel interprestasi maka hubungan antara kedua Variable tersebut tergolong “Cukupâ€.

Kata Kunci : Media Audio Visual; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Anwar, Syaiful, Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Alikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah, (Yogyakarta: Idea Press, 2014)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 1998), Cet. 11
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. TT, TK, TP
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. (Jakarta: Ciputat, 2002)
Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)
Darmanto, Media Pembelajaran. TK, TP, 2010
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: Cita Adtiya Bakri, 1994)
Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana, 2011)
Majid, Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam (Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)
Mulyono & Ismail Suardi Wekke, Srategi Pembelajaran di Abad Digital. (Yogyakarta : CV. Adi Karya Mandiri, 2018)
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008)
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Hostoris, Teoritis dan Praktis, (Ciputat Pers: 2002)
Poerbakawatja, Soegarda, HLM., A. Harahap, Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta: Gunug Agung, 1982)
Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi, (Banjarmasin: IAIN Antasari press, cet II, 2012)
Rohayati, Titin, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” dalam Mohamad Adam Rusmana dkk (ed.), Pengembangan Pembelajan PAI di Era Digital. (CV. Amerta Media, 2020)
Sadiman, Arief S., (dkk), Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, (Bandung:Alfabeta, 2010)
Suyanto, Agus, Psikologi Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Diterbitkan
2022-06-23