Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Peserta Didik MA Balongrejo Sumobito Jombang
Abstrak
Abstraksi
Penelitian ini untuk menemukan upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik MA Balongrejo Sumobito Jombang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologis dan pedagogis. Sumber data yakni: data primer dan data sekunder. Instrumen yang di gunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data diolah dengan analisis kualitatif dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an yaitu, adanya kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Qur’an dan sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor yang menjadi kendala yaitu, masih ditemukan peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an, dan upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an yaitu, memberikan motivasi, melakukan pendekatan, pembiasaan tadarrus Al-Qur’an kepada peserta didik pada setiap jam pelajaran Al-Qur’an Hadits dimulai, dan memberikan tugas/PR berupa hafalan surah yang terkait dengan materi yang dibahas pada tiap pertemuan.
Kata Kunci: Kemampuan Baca Al-Qur’an, Guru Al-Qur’an Hadits
Referensi
Ahmadi, Abu, Psikologi Umum, (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad Ismail bin Ibrahim bin Bardazbah Al-Jafi, Shahih Bukhari, Juz 6, (Bairut-Libanon: Darul Fikri 1981 M)
Al-Hasani, Muhammad Ibn ‘Alawi Al-Maliki, Samudra Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Ringkasan Kitab Al Itqan Fi ‘Ulum Al-Qur’an Karya Al Imam Jalal Al Maliki Al Hasani, Cet. l, (Bandung: Mizan Pustaka, 2003)
Aliwar, “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA)â€, Jurnal Al-Ta’dib, (Vol. 9 No. 1), Januari-Juni 2016
Ash Shiddieqy, M. Hasbi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an/Tafsir, Cet. XV, (Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1994)
Aziz, Moh. Ali, Mengenal Tuntas Hadits : kajian tematik atas ayat-ayat hukum dalam Hadits, Cet. III, (Surabaya : IMITIYAZ, 2018)
Azzubaidi, Zaenuddin Ahmad, Terjemah Hadits Shahih Bukhari, Jilid II (Semarang: Asy-Syifa‟, 1993)
Bahri, Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta. 2006)
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
_____, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta : Bulan Bintang, 2005)
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Cet. IV, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)
Ghani, Bustami A., Beberapa Aspek Ilmiah Tentag Al-Qu’ran. (Jakarta: Litera Antar Nusa, 1994)
Hakim, Lukman, Kamus Ilmiah Istilah Populer, Cet. V, (Surabaya: Terbit Terang, 2000)
Hasil Wawancara dengan Ach. Chumaidi, Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak MA Balongrejo Sumobito Jombang, 09 Desember 2021.
Hasil Wawancara dengan Amirul Mu`minin, Peserta Didik MA Balongrejo Sumobito Jombang, 14 Desember 2021
Hasil Wawancara dengan Fatihatul Manfaati, Guru Bidang Studi Al-Qur’an Hadits MA Balongrejo Sumobito Jombang, 09-12 Desember 2021.
Hasil Wawancara dengan Ilham Ramadhan, Peserta Didik MA Balongrejo Sumobito Jombang, 14 Desember 2021
Hasil Wawancara dengan Moch. Sukin, selaku Kepala MA Balongrejo Sumobito Jombang, 09 Desember 2021
Hasil Wawancara dengan Sun`ah Mufida, Waka Kurikulum MA Balongrejo Sumobito Jombang, 11 Desember 2021
Hasil Wawancara dengan Syaifuddin, Guru Bidang Studi Al-Qur’an Hadits MA Balongrejo Sumobito Jombang, 11 Desember 2021
Kementerian Agama RI., Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahnya (Surabaya : Karya Halim, 2013)
Kementerian Agama RI, Qur’an Asy-Syifaa’, Cet. III, (Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema, 2019)
Kementrian Agama RI., HIJAZ Terjemah Tafsir Per Kata, (Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema, 2007)
Mustafa, Asy-Syaikh Fuhaim, Manhaj Pendidikan Anak Muslim, penerjemah: ‘Abdillah Daud, dkk, (Jakarta: Mustaqim, 2004)
Naik, Zakir, Mirachles of Al-Qur’an dan As-Sunnahlm. Cet.VII, (Solo: AQWAM, 2018)
Nasution, Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)
Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Cet. l, (Jogkarta: Prismasophie, 2004)
Purwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet. X, (Jakarta: Balai Pustaka 1997)
Qardawi, Yusuf, Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2000)
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Cet. IV, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)
Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Cet,XII, (Bandung : Mizan, 2001)
Shihab, Umar, Kontekstualitas Al-Qur’an, Cet. II., (Jakarta: Pena Madani, 2004)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. IV, (Bandung: Alfabeta, 2008)
_____, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Cet. VI, (Bandung: Alfabeta, 2008)
Syafiie, Inu Kencana, Al-Qur’an dan Ilmu Politik, Cet. I, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996)
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-dasar Penelitian, (Surabaya: Elkaf, 2006)
Tekan, Ismail, Tajwid Qur’an Karim, Cet. III, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1980)
Usman, Basyiruddin, Metodologi Pembalajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Pres, 2005)
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)
Wahyudi, Moh., Hukum-Hukum Bacaan Al-Qur’an, (Surabaya: Indah Surabaya, 2006)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.