Aktivitas Kegemaran Game Online dan Perilaku Siswa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Nglaban Loceret Nganjuk
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bermain game online terhadap perilaku siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban Loceret Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini penting dilakukan sebagai langkah untuk mengembangkan aturan baru di sekolah khususnya di MI Hidayatul Mubtadiin agar perilaku salah dalam bermain game online tidak berkelanjutan dalam merusak generasi bangsa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan lokasi penelitian di MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban Loceret Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi.Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, terdapat hubungan antara kegemaran bermain game online dengan perilaku siswa. Kedua, game online dapat berfungsi sebagai tempat bersosialisasi dengan pemain lain, menghilangkan stress, melatih koordinasi saraf motorik antara mata dan tangan. Ketiga, dampak negatif dari bermain game online adalah tumbuhnya rasa kecanduan, kurangnya kontrol waktu, berbohong, mengabaikan lingkungan sekitar, perilaku agresif dan tindakan premanisme, penyalahgunaan uang, kesehatan terganggu, produktivitas menurun, terisolasi dari kehidupan sosial, dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang salah.
Kata Kunci : Game Online, Perilaku Siswa, MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban
Referensi
Darwis, Muhammad, dkk. (2020),†Dampak dari Kecanduan Game Online di Kalangan Remaja Usia 15-18 Tahun di Kelurahan Kayuambon,†dalam Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.2 No. 5.
Elburdah, Reza Putri (2020),â€Pengaruf Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Mts Mathlaul Anwar,†dalam Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, Vol. 3, No. 1.
Emelia, Friska (2012),â€Peran Media dalam Cyberspace, Informational Politics, and Public Sphere,†dalam Jurnal Hubungan Internasional, Vol. 6, No. 1.
Fardiah, Dedeh (2003),â€Komunikasi Antarpesona:Prespektif Komunikasi Cyberspace,†dalam Jurnal Komunikasi MEDIATOR, Vol. 3 No 1 .
Gultom, Octavia Rosali, dkk.,“Analisis Aspek Afektif Pada Game Online Dari Sisi Pengguna Menngunakan Kansei Enggineering,†dalam htpps://ejournal3.undip.ac.id.
Harsela, Fabey, dkk. (2020),†Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anaka di TK Darma Wanita Bengkulu,†dalam Jurnal PENA PAUD, Vol. 1, No. 1.
Maisyaroh, Siti, dkk. (2020), “Analisis Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prilaku Siswa SMPN 4 Pekanbaru,†dalam Prosiding SEMESTER, Voi. 1, No. 1.
Mertika, dkk. (2020), “Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah dasar,†dalam Journal of Education Review of Research, Vol. 3, No. 3.
Nisrinafatin (2021),†Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa,†dalam Jurnal EDUKASI NON FORMAL, Vol. 1, No. 1.
Novrialdi, Erizal (2019),†Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya,†dalam Buletin Psikologi, Vol. 27, No. 2.
Novrialdy, Erizal (2019),â€Kecanduan Game Online pada Remaja,†dalam Buletin Psikologi, Vol. 27, No. 2.
Odang, Gilbert Luis (2020),â€Dampak Game Online Trehadap Motivasi Belajarâ€, dalam Jurnal Holistik, Vol. 13, No. 2.
Putra, Kukuh Pambuka, dkk. (2017), “Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika Matematik) Usia 8-9 Tahun,†Jurnal Sadya Widya, Vol 33, No. 2.
Saputri, Olsa Krui, dkk. (2019),â€Analisis Bentuk-Bentuk Prilaku Agresif Siswa Pengguna Game Online,†dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling ALBIKIN, Vol. 7, No. 5.
Sukmono, Filosa Gita (2011),â€Ruang Publik Anlternatife dalam Cyber Space: Geliat Werblog sebagai Online Citizen Journalism,†dalam Jurnal Ilmiah komunikasi MAKNA, Vol. 2, No 2.
Wijaya, Caroline Vinci dan Sinta Paramita (2009),â€Komunikasi Virtual dalam Game Online: Studi Kasus dalamGame Mobil Online,†dalam Jurnal Koneksi, Vol. 3, No. 1.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.