Antologi Metode Pendidikan Islam Berdasarkan Ayat-ayat Al-Qur’an
Abstrak
Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang dipakai oleh guru (pendidik) dalam proses belajar mengajar agar siswa (murid, peserta didik) mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam kurikulum, silabus dan mata pelajaran. Pendidikan Islam adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan ajaran Islam untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Untuk melahirkan peserta didik yang berkualitas dibutuhkan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran, sebagaimana terdapat beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang metode pendidikan. Diantaranya yaitu, metode tamstsil (perumpamaan), metode qashashi (kisah atau cerita), metode teladan, metode ibrah dan mau’izhah (menafsirkan dan nasihat), metode targhib dan tarhib (Reward and Punishment).
Kata kunci : Metode Pendidikan Islam, al-Qur’an
Referensi
Al-Baqy, Muhammad Fuad Abd. Al-Mu’jam alMufrasdli Alfazhal Qur’an al-Karim, (Solo ; Dar al-Fikr, 1987)
An Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam, Terj. Herry Noer Ali, (Bandung ; CV. Diponegoro, 1989)
Annahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta ; Gema Insani, 1993)
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam suatu tunjauanTeoritis dan praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, ( Jakarta ; Bumi Aksara. Edisi I, 1991)
Faizi, Mastur. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid, (Yogyakarta ; DIVA Press, 2013)
Moh. Haitammi Salim dan Syamsul Kurniwan. Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta ; Ar-Ruzz Media, 2012)
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta ; Penerbit Gaya Media Pratama, 2005)
Quthb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam, (Bandung ; PT.Al-Ma’arif, 1984)
Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an, (Bandung ; Mizan, 1982)
Suhartono, Suparlan. Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta ; Ar-Ruzz. Cet. I, 2006)
Tolchah, M. Aneka Pengkajian Studi Al-Qur'an, (Yogyakarta ; LkiS, 2016)
Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta ; Amzah, 2011)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.