Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Menurut Dr. Ary Ginanjar Agustian
(Kajian Terhadap Buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional menurut Dr. Ary Ginanjar Agustian dalam Buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165 karya Dr. Ary Ginanjar Agustian, juga literatur-literatur dan jurnal ilmiah. Teknik analis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional menurut Dr. Ary Ginanjar Agustian dalam Buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165. merupakan materi seputar training kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dalam membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental dalam upaya meningkatkan kinerja dan produktivitas. Dalam buku ESQ way 165 bertujuan membuka gerbang dimensi kalbu, ditemukan nilai-nilai dasar: kejujuran, keadilan, kebersamaan, kreativitas, kedisplinan yang sesungguhnya, telah ada dalam diri manusia dan juga merupakan tujuan dasar manusia.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Ary Ginanjar Agustian.
Referensi
http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Ihsan_108240_widyakartika_p2k-unkris.html pada: 27 Juli 2022
https://translate.google.co.id/?hl=id (Terjemah bebas Google Translate.)
https://www.liputan6.com/quran/al-baqarah/ pada: 27 Juli 2022
https://www.liputan6.com/quran/an-najm/42 pada: 27 Juli 2022
Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro. “Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ)†Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol. 6 No. 1 (2021), hlm. 18
Rouf, Abdul & Abu Yasa. “Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar PAI Kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno.†Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol. 4 No. 1 (2019), hlm. 24
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.