Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa di SDN Bareng Jombang
Abstrak
Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SDN Bareng Jombang. Pendidikan Agama Islam merupakan suatu sistem pembelajaran yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh umat manusia dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengamalan agama Islam dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitia ini adalah siswa SDN Bareng Jombang pelajaran 2018/2019 dengan sampel pada kelas IV dan V B. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Ma dan Mb serta uji T test.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di SDN Bareng Jombang sudah baik dan perlu ditingkatkan agar akhlak siswa semakin baik. Tidak adanya perbedaan pengaruh pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa SDN Bareng Jombang, baik bagi siswa yang mendapatkan nilai terendah maupun yang mendapatkan nilai tertinggi.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlak, Siswa
Referensi
Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta, Bina Aksara, 1987), Cet.ke-1
Daradjat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta; Bumi Aksara, 1992), Cet.ke-2
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahan, (Jakarta; CV. Toha Putra Semarang, 2008)
Djaali, Pengukuran Bidang Pendidikan, (Jakarta : PT. Grasindo UNJ, 2008)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2011), Cet.ke-4
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati, Metode Penelitian, (Bandung: Refika Aditama, 2014)
Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003), Cet.ke-5
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta; Kalam Mulia, 2008), Cet-4
Resito, Herman, Pengantar Metodologi Penelitian, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011)
Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru, 2009)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung, Alfabeta, 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Suharyadi dan Purwanto, Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Edisi 2, (Jakarta: Salemba Empat, 2011)
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta, PT. Pustaka Baru, 2014)
Teguh. Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005)
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998), Cet.ke-2
Zahruddin AR, Pengantar Ilmu Akhlak, (Jakarta: PT. Raja Crrafindo Persada, 2008), Cet ke-1
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.