PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE BABBLE GROUP DALAM KAITANNYA DENGAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA

(Kasus Siswa Kelas XI OTP 2 pada Materi Pelajaran Memberikan Pelayanan Pada Pelanggan di SMKN 1 Jombang Tahun Ajaran 2020/2021)

  • Yayuk Trisnani SMK Negeri 1 Jombang
Kata Kunci: Pemberian Tugas, Tugas Diskusi Kelompok

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan pengembangan pembelajaran metode diskusi tipe BABBLE GROUP dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan pada siswa kelas XI OTP 2 Negeri 1 jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) dengan desain penelitian berdasarkan pedoman penelitian pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan di kelas XI OTP 2 SMK NEGERI 1 JOMBANG sebanyak 34 siswa. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti antara lain: Metode pembelajaran diskusi tipe BABBLE GROUP (X1) Hasil belajar (X2). Kegiatan analisa data meliputi tahapan: observasi awal, perencanaan pengembangan, pelaksanaan pengembangan, observasi respon minat siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra eksperimen dari 34 siswa Kelas XI OTP 2, diketahui siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa (63,9%), sehingga siswa dinyatakan belum mampu mencapai ketuntasan belajar kelas. Pada tahap Siklus 1 yang tuntas belajar meningkat menjadi sebanyak 30 siswa (72,9 %) yang belum tuntas 6 siswa (16,7%). Pada tahap Siklus 2 sebanyak 34 siswa (78,6%), yang tuntas belajar, sehingga telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil rekap jawaban kuesioner tentang minat siswa terhadap pengembangan pembelajaran, diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki minat yang positif terhadap pengembangan pembelajaran.

Keywords: Pemberian Tugas, Tugas Diskusi Kelompok

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
______, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
______, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dhori, Abu. 1997. Metodologi Pembelajaran Bahan Sajian untuk Penataran Instruktur. Malang: PPPG IPS dan PMP
Djamarah, Syaiful Babri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hasibuan, JJ. 1994. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Kasrori, Jusuf, dkk. 1991. Interaksi Belajar Mengajar, Metode Pengajaran. Surabaya: Unipress IKIP
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasara Indonesia
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyati, Arifin. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: JICA
Roestiyah, NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Subagiyo, Rahman. 1984. Belajar, pembelajaran dan Metode-Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: BRI Urusan Pendidikan dan Pelatihan
Sriyono. 1991. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Karya
Sudjana, Nana. 1996. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bandung: Sinar Baru.
______, 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Surakhmad, Winarno. 1997. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Sinar Saru Algasindo
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosda Karya
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Usman, M. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2022-12-31