Pengaruh Pembelajaran Fiqih dengan Multi Metode Terhadap Minat Belajar Siswa

(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Umar Zahid Perak Jombang)

  • Adibah Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Shofwatal Qolbiyyah Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Kata Kunci : Pembelajaran Fiqh; Multi Metode; Minat Belajar Siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Fiqh dengan multi metode terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Umar Zaid Perak Jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan korelatif. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif product moment. Populasi penelitian ini semua siswa Madrasah Aliyah Umar Zahid Perak Jombang sebanyak 116 siswa, dengan menentukan sampel sebanyak 58 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqh dengan menggunakan multi metode dapar mempengaruhi terhadap minat belajar siswa dengan indeks korelasi (rxy) = 0,42.dan hasil tersebut dapat di interpretasikan pada taraf signifikant 5% = 0,273 sedangkan pada taraf 1% = 0,354. Sehingga dapat diketahui bahwa rxy lebih besar dari taraf signifikan, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang positif pembelajaran Fiqh dengan menggunakan multi metode terhadap minat belajar siswa Madrasah Aliyah Umar Zahid Perak Jombang, dengan korelasi yang bersifat sedang atau cukup.

Kata Kunci : Pembelajaran Fiqh; Multi Metode; Minat Belajar Siswa.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Arief, Arami. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Departemen Agama RI., Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (Bandung: CV Diponegoro, 2010)
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)
Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)
Djamil, Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
Fathurrohman, Pupuh dkk. Strategi Belajar mengajar melalui Konsep umum dan Konsep Islami, (Bandung: PT Refika Aditama, 2011)
Hadi, Sutrisno. Metodologi Reseacrh I, (Yogyakarta: Andi Offset, 1980)
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research II, (Yogyakarta: Andi Offset, 1980)
Hadi, Sutrisno. Statistik II, (Yogyakarta: Andi Offset, 2000)
Purwanto, Edy. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cet 1, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016)
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)
Rahmat, Abdul. Super Teacher, (Bandung: MQS Publishing, 2009)
Razak, Nasrudin. Dienul Islam. (Bandung: Al Ma’arif, 1986)
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2017)
Sujianto, Agus. PsikologiUmum, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001)
Umam, Chaerul dkk. Ushul Fiqih 1, (Bandung: CV Pustaka Setia, 1998)
Diterbitkan
2023-07-11