Pola Pembinaan Akhlak Pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pokok permasalahan tentang Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Siswa di MTs. Satu Atap Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MTs. Satu Atap Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang, sedangkan data sekundernya adalah buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak anak. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pola pembinaan akhlak siswa di MTs. Satu Atap Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang menggunakan beberapa metode seperti melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat atau pemahaman, dan pemberian hukuman atau peringatan. Namun, dalam penelitian penulis menemukan bahwa proses pembinaan akhlak siswa di MTs. Satu Atap Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang ini timbul dari personal diri pribadi siswa yang kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, sehingga siswa masih melakukan penyimpangan perilaku atau berakhlaq yang tidak baik.
Kata Kunci : Pembinaan; Akhlak; Siswa
Referensi
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), Cet. Ke-4, hlm. 14
Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Surabaya: Duta Ilmu)
Hamid, Abdul. Beni Ahmad Saebani, Ilmu Akhlak, (Bandung, CV Pustaka Setia, 2012)
Imam Al-Ghazali, Tentang Rahasia Keajaiban Hati, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1968)
Janti, Kepala Madrasah, Wawancara, (Jombang, 1 Juli 2021)
Majid, Abdul. Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja, 2004)
Mansur, Moch. Wawancara (Jombang, 1 juli 2021)
Mubarok, M. Alwi. Wawancara, (Jombang, 1 Juli 2021)
Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, (Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada, 2010)
Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana, 2007)
Observasi, (Jombang, 1 Juli 2021)
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2011)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeth, 2014)
Sujanto, Agus. Psikologi Kepribadian, (Jakarta, Aksara Baru, 1986)
Syafaat, Aat. dkk, Peran Pendidiakn Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja; Juvenil Deliquenci, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008)
Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.