PENGARUH PROGRAM AKSELERASI BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK MTs DARUSSALAM TAMAN - SIDOARJO

  • Rifka Muaida Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Yuliastutik Universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: Program Akselerasi, BTQ, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara program akselerasi BTQ terhadap tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang pengumpulan datanya dalam bentuk dokumentasi, angket, dan tes lisan. Sementara untuk analisis datanya, menggunakan rumus persentase dan product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo sebanyak 120 siswa dan dilakukan pengambilan sampel dengan prosedur purposive sampling sebesar 25% dari jumlah populasi sebanyak 30 siswa.

            Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program akselerasi BTQ di MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo diklasifikasi “Baik†dengan perolehan skor rata-rata sebesar 61,67%. Sementara itu, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo dikatakan “Baik†yang ditunjukkan dengan perolehan skor yang mencapai 80%. Dan program akselerasi BTQ mempengaruhi tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo dengan nilai rhitung sebesar 0,620 berada rentang 0,41-0,70 sehingga ada pengaruh yang “Sedang (Cukup Tinggi)â€.

Referensi

Aisyah, Rahasia Mahir Membaca Al-Qur’an, (Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2023).
Al-Jarim, Ali., dan Musthofa Amin, Al-balaaghatul Waadhihah, Cet. IX, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011).
Al-Mahmud, Muhammad., Hidayatul Mustafid, (Surabaya: Al-Hikmah, t.th).
Ananda, Rusydi., dan Tien Rafida, Pengantar Evaluasi Program Pendidikan, (Medan: Perdana Publishing, 2017).
Anwar, Shabri Shaleh., Quality Student Muslim of Muslim Achievement, (Tembilahan: Yayasan Indragiri, 2014).
Assegaf, Ahmad bin Ali., Perilaku Organisasi Pendidikan, (Sumatra Barat: PT Insan Cendikia Mandiri, 2022).
Aziz, K., dan Ambreen, S. “Roadmaap for Ensuring Good Governance in Islamic Perspective” dalam FWU Journal of Social Sciences, Vol. 11, No. 1 (2017), 331-339.
Djaluddin, Cepat Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tunjuk Silang, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012).
Farida, Eneng., Hana Lestari, dan Zulfikar Ismail, “Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus di SDIT Insantama Leuwiliang” dalam Reslaj: Religius Education Social Laa Roiba Journal, Vol. 3, No. 1 (2021), 2-13.
Hawadi, R. A., Akselerasi (A-Z informasi Program Percepatan dan Anak Berbakat Intelektual), (Jakarta: Gramedia, 2004).
Kemenag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kemenag Agama RI, 2019).
Loveless, T., “Teaching and Detracking: High Achievers in Massachusetts Middle School Thomas B. Frodham Institute”, (2009).
Marzuki., dan Sun Choirul Ummah, Dasar-dasar Ilmu Tajwid, (Yogyakarta: Diva Press, 2020).
Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2009).
Muhsin, A., “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito” dalam Al-Murabbi, Vol. 2, No. 2 (2017), 275-290.
Mutia, “Pembelajaran Akselerasi” dalam FITRAH, Vol. 2, No. 2 (2020), 1-4.
Nawawi, Imam., Bersanding dengan Al-Qur’an, Ter. At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an oleh Abdul Aziz, (Bogor: Pustaka Ulil Albab, 2007).
Priyatno, Agus., Transformasi Manajemen Pesantren Penghafal Al- Qur’an di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus, (Serang: A-Empai, 2020).
Qiptiyah, Titin M., dan Reni Soflianti, “Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Rudlotul Mutaallim Baratan Kecamatan Palrang Kabupaten Jember” dalam Tasamuh: Jurnal Studi Islam, Vol. 13, No. 2 (2021), 189-387.
Sartika, F., dan Ritonga, M., Redesain Kurikulum TPQ/MDTA sebagai Lembaga Pendidikan Informal dalam Membentuk Generasi Muslim, (M. Ritonga (ed.); Issue October, 2020: UMSB Press).
Shafa, R. Ghefaria Aulia., “Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah” dalam Ikhtisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, Vol. 3, No. 2 (2021), 90-192.
Sidqi, Zubair Taqo,. “Program Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di SD Al-Azzam Ketileng Semarang” dalam SOSIO DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, Vol. 3, No. 1 (2018), 83-101.
Somadayo, Samsu., Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).
Sudijono, Anas., Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi Kedua, Cet Ke-1, (Bandung: Alfabeta, 2019).
Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif Cet. Ke-1 (Jakarta: Change Publication, 2013).
Supriyadi, Tedi., dan J. Julia, “The Problem of Student in Reading the Quran: A Reflective-Critical Treatment trought Action Research” dalam International Journal of Instruction, Vol. 12, No. 1 (2019), 311-326.
Suyuthi, J. A., al Itqan fi Ulumil Qur’an, (Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah, 2010).
Syarifuddin, A., Mendidik Anak: Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, (...: Gema Insani, 2004).
Yahya, Ashim., Belajar Tahsin untuk Pemula, (Cianjur: QultumMedia, 2018).
Yunus, M., Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1983).
Zuraiyah, T. A., Madenda, S., Salim, R. A., dan Novia, R., “Tajweed Segmentation Using Pattern Recognition, Extraction and SURF descriptor Algorithms” dalam International Conference on Applied Sciences, Information and Technology 2019, (2020), 1-8.
Diterbitkan
2023-12-12