PENGARUH PROGRAM AKSELERASI BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK MTs DARUSSALAM TAMAN - SIDOARJO
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara program akselerasi BTQ terhadap tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang pengumpulan datanya dalam bentuk dokumentasi, angket, dan tes lisan. Sementara untuk analisis datanya, menggunakan rumus persentase dan product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo sebanyak 120 siswa dan dilakukan pengambilan sampel dengan prosedur purposive sampling sebesar 25% dari jumlah populasi sebanyak 30 siswa.
Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program akselerasi BTQ di MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo diklasifikasi “Baik†dengan perolehan skor rata-rata sebesar 61,67%. Sementara itu, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo dikatakan “Baik†yang ditunjukkan dengan perolehan skor yang mencapai 80%. Dan program akselerasi BTQ mempengaruhi tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs. Darussalam Taman-Sidoarjo dengan nilai rhitung sebesar 0,620 berada rentang 0,41-0,70 sehingga ada pengaruh yang “Sedang (Cukup Tinggi)â€.
Referensi
Al-Jarim, Ali., dan Musthofa Amin, Al-balaaghatul Waadhihah, Cet. IX, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011).
Al-Mahmud, Muhammad., Hidayatul Mustafid, (Surabaya: Al-Hikmah, t.th).
Ananda, Rusydi., dan Tien Rafida, Pengantar Evaluasi Program Pendidikan, (Medan: Perdana Publishing, 2017).
Anwar, Shabri Shaleh., Quality Student Muslim of Muslim Achievement, (Tembilahan: Yayasan Indragiri, 2014).
Assegaf, Ahmad bin Ali., Perilaku Organisasi Pendidikan, (Sumatra Barat: PT Insan Cendikia Mandiri, 2022).
Aziz, K., dan Ambreen, S. “Roadmaap for Ensuring Good Governance in Islamic Perspective†dalam FWU Journal of Social Sciences, Vol. 11, No. 1 (2017), 331-339.
Djaluddin, Cepat Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tunjuk Silang, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012).
Farida, Eneng., Hana Lestari, dan Zulfikar Ismail, “Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus di SDIT Insantama Leuwiliang†dalam Reslaj: Religius Education Social Laa Roiba Journal, Vol. 3, No. 1 (2021), 2-13.
Hawadi, R. A., Akselerasi (A-Z informasi Program Percepatan dan Anak Berbakat Intelektual), (Jakarta: Gramedia, 2004).
Kemenag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kemenag Agama RI, 2019).
Loveless, T., “Teaching and Detracking: High Achievers in Massachusetts Middle School Thomas B. Frodham Instituteâ€, (2009).
Marzuki., dan Sun Choirul Ummah, Dasar-dasar Ilmu Tajwid, (Yogyakarta: Diva Press, 2020).
Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2009).
Muhsin, A., “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito†dalam Al-Murabbi, Vol. 2, No. 2 (2017), 275-290.
Mutia, “Pembelajaran Akselerasi†dalam FITRAH, Vol. 2, No. 2 (2020), 1-4.
Nawawi, Imam., Bersanding dengan Al-Qur’an, Ter. At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an oleh Abdul Aziz, (Bogor: Pustaka Ulil Albab, 2007).
Priyatno, Agus., Transformasi Manajemen Pesantren Penghafal Al- Qur’an di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus, (Serang: A-Empai, 2020).
Qiptiyah, Titin M., dan Reni Soflianti, “Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Rudlotul Mutaallim Baratan Kecamatan Palrang Kabupaten Jember†dalam Tasamuh: Jurnal Studi Islam, Vol. 13, No. 2 (2021), 189-387.
Sartika, F., dan Ritonga, M., Redesain Kurikulum TPQ/MDTA sebagai Lembaga Pendidikan Informal dalam Membentuk Generasi Muslim, (M. Ritonga (ed.); Issue October, 2020: UMSB Press).
Shafa, R. Ghefaria Aulia., “Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah†dalam Ikhtisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, Vol. 3, No. 2 (2021), 90-192.
Sidqi, Zubair Taqo,. “Program Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di SD Al-Azzam Ketileng Semarang†dalam SOSIO DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, Vol. 3, No. 1 (2018), 83-101.
Somadayo, Samsu., Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).
Sudijono, Anas., Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi Kedua, Cet Ke-1, (Bandung: Alfabeta, 2019).
Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif Cet. Ke-1 (Jakarta: Change Publication, 2013).
Supriyadi, Tedi., dan J. Julia, “The Problem of Student in Reading the Quran: A Reflective-Critical Treatment trought Action Research†dalam International Journal of Instruction, Vol. 12, No. 1 (2019), 311-326.
Suyuthi, J. A., al Itqan fi Ulumil Qur’an, (Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah, 2010).
Syarifuddin, A., Mendidik Anak: Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, (...: Gema Insani, 2004).
Yahya, Ashim., Belajar Tahsin untuk Pemula, (Cianjur: QultumMedia, 2018).
Yunus, M., Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1983).
Zuraiyah, T. A., Madenda, S., Salim, R. A., dan Novia, R., “Tajweed Segmentation Using Pattern Recognition, Extraction and SURF descriptor Algorithms†dalam International Conference on Applied Sciences, Information and Technology 2019, (2020), 1-8.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.