IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PEDULI LINGKUNGAN
(Studi Kasus di Sekolah Adiwiyata MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang)
Abstrak
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran fiqih dalam pembentukan karakter peserta didik peduli lingkungan di Sekolah Adiwiyata MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case study) yaitu penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata lisan atau tertulis di MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatis ala Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi karakter peduli lingkungan para peserta didik di MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jobang cukup baik. Hal ini implementasi pembelajaran fiqih dalam pembentukan karakter peduli lingkungan guru berperan penting dalam mendidik peserta didik dengan cara pendalaman materi, mempraktekan, memberikan contoh kepada semua peserta didik. Faktor pendukungnya yaitu adanya progam adiwiyata, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang adanya kesadaran peserta didik terkait masalah peduli lingkungan itu sendiri.
Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Karakter Peserta Didik, Peduli Lingkungan
Referensi
Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran Nilai Karakter (Jakarta: Rajawali Pers. 2012)
Hareta, Andrias, Sekolah Saja Tidak Pernah Cukup, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Panduan Adiwiyata “Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkunganâ€, (Jakarta: Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Rahmawati, Sri Utami, Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup. (Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alvabeta, 2013)
Hasil Observasi dan Wawancara
Hasil Obervasi di MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 19 s/d 25 Juli 2022
Wawancara dengan Ahmad Wisnu, Siswa kelas VIII MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 27 Juli 2022
Wawancara dengan Elok Wardaniyah, Waka Kurikulum MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 27 Juli 2022
Wawancara dengan Hj. Maftukhah Mustiqowati, Kepala Madrasah MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 25 Juli 2022
Wawancara dengan Muhammad Nur Fadli, Guru Fiqih MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 25 Juli 2022
Wawancara dengan Nabila, Siswi Kelas IX MTs Al-Hikam, Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 24 Juli 2022
Wawancara dengan Nur Azizah, Guru MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 24 Juli 2022
Wawancara dengan Pulung Tejo Kusumo, Ketua Program Adiwiyata MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 26 Juli 2022
Wawancara dengan Queenara, Siswi Kelas IX MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 28 Juli 2022
Wawancara dengan Siti Fatimah, Siswa kelas VIII MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 27 Juli 2022
Wawancara dengan Umi Hasanah, Guru MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 29 Juli 2022
Wawancara dengan Wahidatu Rosyidah, Siswi Kelas IX MTs Al-Hikam Jatirejo Diwek Jombang, tanggal 25 Juli 2022
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.