UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BULUREJO 2 DIWEK JOMBANG

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Shofwatal Qolbiyyah Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Siti Aminatuzzuhroh Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Peserta didik

Abstrak

Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan secara mendalam dengan melalui 3 tahap yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang dilakukan dengan mengadakan kerja sama dengan orang tua peserta didik, memberikan nasihat, bimbingan, memotivasi peserta didik, melakukan pendekatan dan menegur kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang antara lain: kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik, keterbatasan waktu dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik, peserta didik tidak terbuka dengan guru, dan pergaulan bebas peserta didik di luar jam sekolah.

Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Peserta didik

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012)
Arischa, Suci, “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekan Baru”, JOM FISIP, Vol. 6 (Januari 2019)
Ariyanik, Siti, “Fenomena Kenakalan Remaja di Desa Wonorejo Kabupaten Situbondo”, Entitas Sosiologi, Volume 1, Nomor 2 (2012)
Arjoni, “Pendidikan Agama Dan Kenakalan Remaja, Jurnal Penelitian dan Pengabdian, Vol. 5, No. 2, (Juli-Desember 2017)
AS., A. Syafi’, “Upaya Guru Agama Islam dalam Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja”, Sumbula, Vol. 4, Nomor. 1 (2019)
Azizah, Siti Nur, “Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Preventif Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Remaja di Man Tlogo Blitar”, Skripsi, (IAIN, Tulungagung, 2016)
Basri, Hasan, Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)
Damsy, Yunuarius, ”Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak, Program Pendidikan Sosiologi FKIP, (Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2012)
Hadi, Sumasno, “Pemeriksaan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 22, Nomor. 1 (Juni 2016)
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Setia Pustaka, 2011)
Maqsura, Hurul, Bentuk Kenakalan Remaja Akibat Penggunaan Internet (Form Of Juvenile Deliquency Due To Internet Users”, (Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 2017)
Marimba, Ahmad D., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1998)
McCarthy, Peter J., Liran Brennan, Karen Vecchiarello. “Parent – School Communication in the Inclusive Classroom: A Comprehensive Model of Collaboration in Education” International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1 No. 15 (2011)
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)
Mumtahanah, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa” Tarbawi, Volume 3, Nomor 1 (2018)
Poerdawadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2006)
Rofiqah, Tamama, “Bentuk Kenakalan Remaja Sebagai Akibat Broken Home dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling”, Kopasta, Volume 6, Nomor 2 (2019)
Solichin, Mujianto, Alvuanti Nur Hasanah “Menejemen Kepemimpinanan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug Tugussumberjo Peterongan Jombang”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2 (Desember 2017)
Sugiarto, Eko, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis (Yogyakarta: Suaka Media, 2015)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2009)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: C.V Alfabert 2005)
Sujarwemi, Wiratna, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014)
Sukmadinata, Nana Syodih, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009)
Diterbitkan
2023-12-26