UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BULUREJO 2 DIWEK JOMBANG
Abstrak
AbstraksiTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan secara mendalam dengan melalui 3 tahap yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang dilakukan dengan mengadakan kerja sama dengan orang tua peserta didik, memberikan nasihat, bimbingan, memotivasi peserta didik, melakukan pendekatan dan menegur kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Bulurejo 2 Diwek Jombang antara lain: kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik, keterbatasan waktu dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik, peserta didik tidak terbuka dengan guru, dan pergaulan bebas peserta didik di luar jam sekolah.
Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Peserta didik
Referensi
Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012)
Arischa, Suci, “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekan Baruâ€, JOM FISIP, Vol. 6 (Januari 2019)
Ariyanik, Siti, “Fenomena Kenakalan Remaja di Desa Wonorejo Kabupaten Situbondoâ€, Entitas Sosiologi, Volume 1, Nomor 2 (2012)
Arjoni, “Pendidikan Agama Dan Kenakalan Remaja, Jurnal Penelitian dan Pengabdian, Vol. 5, No. 2, (Juli-Desember 2017)
AS., A. Syafi’, “Upaya Guru Agama Islam dalam Mengatasi Problematika Kenakalan Remajaâ€, Sumbula, Vol. 4, Nomor. 1 (2019)
Azizah, Siti Nur, “Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Preventif Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Remaja di Man Tlogo Blitarâ€, Skripsi, (IAIN, Tulungagung, 2016)
Basri, Hasan, Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)
Damsy, Yunuarius, â€Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak, Program Pendidikan Sosiologi FKIP, (Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2012)
Hadi, Sumasno, “Pemeriksaan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsiâ€, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 22, Nomor. 1 (Juni 2016)
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Setia Pustaka, 2011)
Maqsura, Hurul, Bentuk Kenakalan Remaja Akibat Penggunaan Internet (Form Of Juvenile Deliquency Due To Internet Usersâ€, (Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 2017)
Marimba, Ahmad D., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1998)
McCarthy, Peter J., Liran Brennan, Karen Vecchiarello. “Parent – School Communication in the Inclusive Classroom: A Comprehensive Model of Collaboration in Education†International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1 No. 15 (2011)
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)
Mumtahanah, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa†Tarbawi, Volume 3, Nomor 1 (2018)
Poerdawadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2006)
Rofiqah, Tamama, “Bentuk Kenakalan Remaja Sebagai Akibat Broken Home dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konselingâ€, Kopasta, Volume 6, Nomor 2 (2019)
Solichin, Mujianto, Alvuanti Nur Hasanah “Menejemen Kepemimpinanan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug Tugussumberjo Peterongan Jombangâ€, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2 (Desember 2017)
Sugiarto, Eko, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis (Yogyakarta: Suaka Media, 2015)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2009)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: C.V Alfabert 2005)
Sujarwemi, Wiratna, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014)
Sukmadinata, Nana Syodih, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.