PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDIT AL-MISHBAH SUMOBITO JOMBANG
Abstrak
AbstraksiTujuan penelitian ini adalahu ntuk mengkaji Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Person (Manusia), Place (tempat), dan Paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan melalui tiga alur ala Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang, siswa telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan di sekolah, siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik, benar sesuai makhraj dan tajwidnya. Dengan metode muraja’ah peserta didik mampu mempercepat hafalannya dibandingkan dengan tidak muraja’ah, selain itu hafalan peserta didik menjadi lebih kuat baik hafalan lama atau hafalan baru.
Kata Kunci : Metode Muraja’ah, Menghafal Al-Qur’an
Referensi
Abulwaly, Cece, Pedoman Muraja’ah Al-Qur’an, (Sukabumi: Farha Pustaka, 2020)
Anwar, Rosihan, Ulum Al-Qur’an. (Bandung: Pustaka Setia, 2012)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positivisik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998)
Mulyasa, E., Standar Kompetesi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)
Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2017)
Sanjaya, Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2006)
Sugiarto, Eko, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis Suaka Media, (Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2017)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alvabeta, 2013)
Hasil Observasi dan Wawancara
Hasil Observasi pada tanggal 13 Mei 2023
Hasil Pengamatan Peneliti terhadap Dokumentasi Data Tertulis pada tanggal 10 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Adibah pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Alvin pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Noval pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ana Sayyidatur Roifah pada tanggal 10 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Rohmiati pada tanggal 07 dan 10 Mei 2022
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ulfatun Hasanah selaku coordinator Al-Qur’an
Hasil wawancara dengan Noval pada tanggal 10 mei 2023
Hasil wawancara dengan Syauqi pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ulfatun Hasanah pada tanggal 07 Mei 2023
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.