Pendidikan Islam dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib
Abstrak
AbstraksiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Islam dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran Emha Ainun Nadjib Tentang Pendidikan Islam ditekankan pada materi tauhid, akhlak (Uswatun Khasanah) dan penyucian rohan, yang dikemas melalui kalimat Beribu Pintu Berruang Satu, yaitu suatu metode pendidikan Islam yang diibaratkan dengan sebuah rumah besar, di rumah besar itu terdapat ribuan pintu dan ketika kita masuk rumah itu hanya terdapat satu ruangan besar, tanpa satu kamar pun. Satu ruangan besar diartikan sebagai keilmuan Islam dan ribuan pintu diartikan berbagai disiplin ilmu keislaman seperti, pintu pertama adalah ilmu fiqih, pintu kedua adalah ilmu tauhid, pintu ketiga adalah ilmu sejarah, pintu keempat adalah ilmu mantik, pintu kelima adalah ilmu tasawuf, pintu keenam adalah ilmu tafsir dan seterusnya.
Kata Kunci: Pendidikan Islam; Emha Ainun Nadjib.
Referensi
Ali, Zainal, 100 Orang Indonesia Paling Berpengaruh, (Yogyakarta: Narasi, 2009)
Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Betts, Ian L., Jalan Sunyi Emha, (Jakarta: Kompas, 2006), Cet. I
Departemen Agama RI, Jejak Langkah NU & Muhammadiyah, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2008), Cet. I
Moeleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
Muhtadi, “Pembinaan Akhlak Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam†Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol 2, Nomor 2, Desember 2017)
Nadjib, Emha Ainun, Demokrasi La Roiba Fih, (Jakarta: Kompas, 2009), Cet. II
_____, Jejak Tinju Pak Kiai, (Jakarta: Kompas, 2008)
_____, Kerajaan Indonesia, (Yogyakarta: Progress, 2006), Cet. II
_____, Kiai Bejo, Kiai Untung, Kiai Hoki, (Jakarta: Kompas, 2007), Cet. IV
_____, Tuhan Pun Berpuasa, (Jakarta: Kompas, 2012), Cet. III
Nata, Abuddin, Pendidikan Islam Di Indonesia, (Jakarta: Uin Jakarta Press, 2006), Cet. I
Saputra, Prayogi R., Spiritual Journey Pemikiran & Permenungan EMHA Ainun Nadjib (Jakarta: Kompas, 2012)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009)
Trianto, Desain Pengembangkan Model Pembelajaran Tematik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011), Cet. II
 
Sumber dari Media Online
Lebih lanjut lihat di http://www.caknun.com/cermin/kurikulum-curang/
Lebih lanjut lihat di http://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/dapur-jendela-sastra/lain-lain/puisi-puisi-emha- ainun-nadjib
Lebih lanjut lihat di http://ilalangkota.blogspot.com/2012/07/kado-muhammad-emha-ainun-nadjib-kiai.html
Lebih Lanjut Lihat di http://mqtraining.weebly.com/hadist--31-40.html.
Sumber dari Observasi dan Wawancara
Observasi di Jama’ah Padhang Mbulan, Jombang (TIM), 22 Nopember 2017
Wawancara dengan Emha Ainun Nadjib, Yogyakarta, 29 Desember 2017
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.