PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI

  • Moh. Irfan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Khoirul Huda Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Al-Ghazali

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazali.

Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya enggunakan metode dokuemntasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif dan deduktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak sebagai inti atau puncak dari semua bentuk pendidikan. Pendidikan ini pula yang sebenarnya menjadi tujuan dari seluruh system pendidikan yang ada. Maka faktor keteladanan yang utama menjadi bagian dari metode pengajaran yang amat penting.

Kata Kunci     :           Pendidikan Akhlak, Al-Ghazali

Referensi

Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin (Surabaya: Al Hidayah, tt )
Arifin, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Semarang: Rineka Cipta, 1997)
Bakhry, Sama’un, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005)
Daulay, Haidar Putra, Pembelajaran Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Departemen Agama RI, Al Qur an dan Terjemah (Jakarta, 1995)
Ibnu Rusn, Abidin, Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998)
Maulana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaj Rosdakarya, 2006)
Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006)
Na’im, Ngainun dan Ahmad Syauqi, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, (Bandung: Ar Ruzz Media, 2010)
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Griya Media Pratama, 2005)
Diterbitkan
2024-06-30