PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL KEJAR PAKET C DI PKBM BUMI TULUNG SARADAN MADIUN

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • A. Syafi' AS. Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Pembelajaran Agama Islam, Pendidikan Nonformal Paket C

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bumi Tulung Saradan Madiun

Penelitian ini jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa problematika dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. 1) sarana dan prasaran yang kurang memadai, 2) kurangnya jam mata pelajaran, 3) keahlian tutor yang mengajar juga tidak sesuai dengan jenjang yang diajarkannya dan 4) keanekaragaman pengetahuan agama peserta didik mengingat perbedaan latar belakang yang berbeda beda. Adapun solusi mengatasi problematika tersebut adalah: 1) melakukan perencanaan, penyimpanan, penataan dan penghapusan barang yang tidak terpakai, 2) pemanfaatan waktu secara maksimal, 3) tutor seharusnya menggunakan metode dengan sebaik mungkin agar siswa tidak bosan dan belajar bisa menyenangkan.

Kata Kunci   :  Pembelajaran Agama Islam, Pendidikan Nonformal Paket C

Referensi

Aisah, Siti, “Problem dan Solusi Pembelajaran PAI Pada Lembaga Non Formal Bankit Semarang”, Skripsi (Semarang: UIN walisongo Semarang, 2012), hlm. 87
Evertson, Carolyn M. , Manajemen Untuk Guru Sekolah Dasar, (Jakarta, Kencana, 2011)
Hasil Observasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Program Paket C di PKBM Bumi Tulung pada tanggal 30 Juni 2020 (Data Primer)
Hasil Observasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Program Paket C di PKBM Bumi Tulung pada tanggal 30 Juni 2020 (Data Primer)
Hasil Wawancara Dengan Bapak Wahyu Tri Husodo, S.Pd Guru Agama dan Bahasa Inggris 29 Juni 2020 (Data Primer)
Herdiansyah, Haris, Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, (Jakarta: Salemba Humanika, 2011)
Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: Rasail Media Group 2009)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009)
Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya 1993)
PP. No 32 Th 2013 Tentang Standar Sarana dan Prasarana
Ramayulis, Metode Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)
Standar Nasional Pendidikan, (PP RI No.19 Tahun 2005) Bab 28 Pasal 28 Ayat 3 Huruf C
Sugiono, Metodologi Penelituan Kombinasi, (Mixed Methods)
Suryadi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, (Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa, 2009)
Suryadi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, (Bandung: PT SaranaPanca Karya Nusa, 2009)
Suryobroto, Manajemen Pendidikan Sekolah, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Surabaya: Abditama 1997)
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka 1994)
Tohirin, Metode Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)
Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang “SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Beserta Penjelasanya”, (Bandung: Citra Umbara, 2003)
Usman, Husaini, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Rosdakarya, 2006)
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Diterbitkan
2024-06-30