GANGGUAN PSIKOGENIK ORANG “ALAY”

  • Nur Fadly Hermawan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun

Abstract

Abstrak: Gangguan psikogenik adalah variasi cara berbahasa yang normal, yang merupakan ungkapan dari gangguan di bidang mental. Modalitas mental yang terungkap oleh cara berbicara sebagian besar ditentukan oleh nada, intonasi, dan intensitas suara, lafal, dan pilihan kata. Ujaran yang berirama lancar atau tersendat-sendat dapat juga mencerminkan sikap mental si pembicara. Berdasarkan hasil analisis, bahasa alay tidak memiliki keberaturan. Bahasa alay cenderung mempalatalisasikan fonem [s], dan merubah fonem [r] menjadi fonem [l] ataupun [y]. ini menandakan bahwa bahasa alay cenderung seperti bahasa anak kecil atau bahasa bayi yang mengalami kesulitan dalam menyebutkan fonem [r] dan [s]. dengan kecenderungan tersebut itu menunjukkan bahwa bahasa itu ingin memperlihatkan kemanjaan bagi penuturnya. Para penutur yang menggunakan bahasa alay dapat dikatakan mengalami gangguan psikogenik khususnya berbicara manja, karena dengan menggunakan bahasa alay seseorang itu disadari maupun tidak, dia ingin mencari perhatian orang lain.   

Kata Kunci: Gangguan Psikogenik, Bahasa Alay, Orang Alay

References

Daftar Pustaka
Ali, Muhammad. 2010. Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Barkes, Chris. 2004. Cultural Studies:teori dan praktek. Terj. Nurhadi, Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Bisono, Tika. 2008. My Teens My Inspiration. Jakarta: MeBook.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik; Kajian Teoritik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasanuddin, dkk. 2011. Anxieties/Desires; 90 Insight for Marketing to Youth, Women, Netizen in Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Rhenald. 2011. Cracking Zone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohmani, Nur Indah. 2012. Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. Malang: UIN Maliki Press.

Zarman Wendi. 2011. Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah itu Mudah dan Lebih Efektif. Bandung: Ruang Kata.

SoloPos. 2012. Jokowi Jadi Jokowow Masuk Kamus Ciyus Miapah. http://www.solopos.com/2012/10/28/jokowi-jadi-jokowow-masuk-kamus-ciyus-miapah-342678. Diakses 14 Desember 2013.
Published
2017-02-09
How to Cite
Hermawan, N. F. (2017). GANGGUAN PSIKOGENIK ORANG “ALAY”. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 115 - 128. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v4i2.2635
Section
Articles