INSTRUMEN PENILAIAN MUFRADÄ€T

  • Kuswoyo Kuswoyo Kuswoyo Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (SATINU) Madiun

Abstract

Abstrak: Penilaian merupakan bagian dari evaluasi dan salah satu tahapan guna mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran mufradÄt adalah salah satu pembelajaran yang dilakukan dalam mencapai kemampuan bahasa Arab, yang selanjutnya dilakukan evaluasi berupa penilaian untuk melihat keberhasilan pembelajaan tersebut. Jenis penilaian dapat menggunakan tes dan non tes, dalam melakukan tes supaya akurat dibutukan alat tes atau instrumen tes yang baik, dalam hal ini yaitu dapat mengukur kemampuan mufradÄt para siswa. Pembahasan lebih jelas dalam tulisan ini akan dibahas tentang konsep mufradÄt, tingkatan tes, tingkat kesulitan tes, indikator penilaian mufradÄt dan instrumen penilaian mufradÄt.

Kata Kunci: MufradÄt, Instrumen, Tes

References

Daftar Pustaka
B. Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fakhrurrazy, Aziz dan Mukhshon Nawawi. t.t. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab II. Jakarta: UIN.

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurbayan, Yayan. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Zein Al-Bayan.

اللغة العربية 201 كراسة الكتابة : Arab Academy 3 Kamil El-Shinnawi Street, Cairo.

الفوزان, عبد الرحمن بن ابراهيم,العربية بين يديك الطالب1-الرياض, ھ1424
Published
2016-12-27
How to Cite
Kuswoyo, K. K. (2016). INSTRUMEN PENILAIAN MUFRADÄ€T. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 213 - 224. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v4i2.2640
Section
Articles