INSTRUMEN PENILAIAN MUFRADÄ€T
Abstract
Abstrak: Penilaian merupakan bagian dari evaluasi dan salah satu tahapan guna mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran mufradÄt adalah salah satu pembelajaran yang dilakukan dalam mencapai kemampuan bahasa Arab, yang selanjutnya dilakukan evaluasi berupa penilaian untuk melihat keberhasilan pembelajaan tersebut. Jenis penilaian dapat menggunakan tes dan non tes, dalam melakukan tes supaya akurat dibutukan alat tes atau instrumen tes yang baik, dalam hal ini yaitu dapat mengukur kemampuan mufradÄt para siswa. Pembahasan lebih jelas dalam tulisan ini akan dibahas tentang konsep mufradÄt, tingkatan tes, tingkat kesulitan tes, indikator penilaian mufradÄt dan instrumen penilaian mufradÄt.
Kata Kunci: MufradÄt, Instrumen, Tes
References
B. Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakhrurrazy, Aziz dan Mukhshon Nawawi. t.t. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab II. Jakarta: UIN.
Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurbayan, Yayan. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Zein Al-Bayan.
اللغة العربية 201 كراسة الكتابة : Arab Academy 3 Kamil El-Shinnawi Street, Cairo.
الÙوزان, عبد الرØمن بن ابراهيم,العربية بين يديك الطالب1-الرياض, Ú¾1424
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA