Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Pelajar (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Pelajar)
Abstract
Abstrak: Penghayatan secara mendalam dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila sangat dibutuhkan di masa modern seperti saat ini. Nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar sekarang ini semakin memudar, banyak pelajar yang tidak paham sejarah dan filosofinya kenapa Pancasila dijadikan sebagai dasar Negara, apa hakekatnya lima sila dalam Pancasila tersebut dan apakah Pancasila bertentangan dengan Islam atau bukan. Kurangnya pemahaman tersebut bisa menyebabkan pelajar mudah terpengaruh aliran-aliran yang anti Pancasila baik gerakan yang radikal maupun yang humanis. Kenyataan tersebut menjadikan tugas guru semakin berat, guru harus menjadi pelopor yang sangat penting yang bertugas menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar maupun masyarakat untuk membentengi dan mencegah berkembangnya pengaruh gerakan anti Pancasila di tanah air.
Kata kunci: Nilai-Nilai Pancasila, Pelajar, Anti Pancasila
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA