PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN METODE TIM KUIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KKY 1 MATERI MENYIAPKAN PROSES KONSTRUKSI KAYU PADA SMK NEGERI 1 WONOASRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak: Penerapan pembelajaran dikelas X KKy 1 SMKN 1 Wonoasri
menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan.
Berdasarkan data angket, nilai rata-rata motivasi belajarnya 59,74. Data
dari guru menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 60,32. Berangkat
dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan suatu pembelajaran
yang mengaktifkan siswa yaitu pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) dengan metode tim kuis yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan sasaran kelas X KKy SMKN 1 Wonoasri
sebanyak 31 siswa. Analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif yang
modelnya adalah teknik analisis interaktif. Setelah implementasi, nilai
rata-rata hasil belajar kognitif siswa yaitu siklus I sebesar 67,16 dan
siklus II sebesar 74,13. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu siklus I sebesar 63,42 dan siklus II sebesar 76,09.
Nilai hasil belajar afektif siswa juga mengalami peningkatan dari 60,23%
pada siklus I menjadi 69,35% pada siklus II, sedangkan nilai kualitas
pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 76,92% pada siklus I menjadi
82,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan
(PAKEM) dengan metode tim kuis dapat meningkatkan motivasi, hasil
belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA