PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI-TBS2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI
Abstract
Abstrak: Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung siswa dan
dari guru serata kemampuannya untuk dapat menyampaikan bahan
pembelajaran kepada siswa dengan baik. Untuk itu guru perlu
mendapat pengetahuan tentang materi pelajaran serta cara yang dapat
digunakan dalam mengajarkan materi pelajaran tersebut. Permasalahan
yang dihadapi di kelas XI-TBs2 adalah prestasi belajar siswa kurang,
yang dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan hanya 7,00 ini masih
di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 7,50. Bertitik tolak pada
permasalahan tersebut diatas, maka penelitian tindakan ini bertujuan
untuk memotivasi guru dan siswa agar dalam proses belajaran mengajar
Matematika dapat berlangsung dengan senang dan gemar dengan
pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran Discovery
Learning, agar siswa memiliki konsep dasar matematika serta sikap
disiplin, kerja keras, ingin tahu, dan memecahkan masalah untuk
menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.
Secara praktis penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi rekan-rekan
guru SMK dalam mengatasi Proses Belajar Mengajar (PBM) terutama
dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Matematika demi
peningkatan mutu pendidikan kita. Dari keseluruhan siklus dalam
penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Sebelum
menggunakan metode pembelajaran rata-rata kelas dari 72.68 Setelah
menerapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning, 75.74 pada
Endah Wahyu Hariyani
228 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
siklus I, dan menjadi 77.93 pada siklus II. Ketuntasan individu sebelum
menerapakan pembelajaran dengan model Discovery Learning adalah 13
orang, menjadi 27 orang pada siklus I, dan menjadi 28 orang pada siklus
II. Ketuntasan klasikal sebelum menerapkan pembelajaran dengan model
Discovery Learning dengan adalah 40.62%, menjadi 87.09 % pada siklus
I, dan menjadi 87.1% pada siklus II. Berdasarkan uraian data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA