PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS XI.TKR1.SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 JIWAN
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi di kelas XI.TKR1 SMK Negeri
1 Jiwan adalah hasil belajar siswa kurang, yang dapat diketahui dari
nilai rata-rata ulangan hanya 7,00 ini masih di bawah KKM yang telah
ditetapkan yaitu 7,50. Bertitik tolak pada permasalahan tersebut di atas,
maka penelitian tindakan ini bertujuan untuk memotivasi guru dan siswa
agar dalam proses belajaran mengajar Matematika dapat berlangsung
dengan senang dan gemar dengan pendekatan konstruktivisme melalui
metode eksperimen, agar siswa memiliki konsep dasar sains dan teknologi
serta sikap disiplin, kerja keras, ingin tahu, dan memecahkan masalah
untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.
Secara praktis penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi rekan-rekan guru
SMK dalam mengatasi Proses Belajar Mengajar (PBM) terutama dalam
upaya peningkatan kualitas pembelajaran Matematika demi peningkatan
mutu pendidikan kita. Dari keseluruhan siklus dalam penelitian yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas
XI.TKR1 setelah penerapan pembelajaran STAD adalah bahwa sebelum
menggunakan metode pembelajaran rata-rata kelas dari 69.39 Setelah
menerapkan pembelajaran STAD, 76.85 pada siklus I, dan menjadi 81.61
pada siklus II. Ketuntasan individu sebelum menerapakan pembelajaran
STAD adalah 11 orang, menjadi 24 orang pada siklus I, dan menjadi
32 orang pada siklus II. Ketuntasan klasikal sebelum menerapkan
pembelajaran STAD dengan adalah 41.18%, menjadi 70.59 % pada siklus
I, dan menjadi 94.12% pada siklus II. Berdasarkan uraian data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA