MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS X.JBG2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI
Abstract
Abstrak: Guru memiliki kemampuan untuk dapat menyampaikan bahan
pembelajaran kepada siswa dengan baik. Untuk itu guru perlu mendapat
pengetahuan tentang materi pelajaran serta cara yang dapat digunakan
dalam mengajarkan materi pelajaran tersebut, singkatnya guru harus
profesionalisme. Permasalahan yang dihadapi di kelas ini hasil belajar
siswa kurang, yang dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan hanya
7, 00. Kenyataan tersebut masih di bawah KKM yang telah ditetapkan
yaitu 7, 50. Bertitik tolak pada permasalahan tersebut di atas, maka
penelitian tindakan ini bertujuan untuk memotivasi guru dan siswa agar
dalam proses belajaran mengajar Matematika dapat berlangsung dengan
senang dan gemar dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode
eksperimen, agar siswa memiliki konsep dasar sains dan teknologi serta
sikap disiplin, kerja keras, ingin tahu, dan memecahkan masalah untuk
menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.
Dari keseluruhan siklus dalam penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa Hasil pembahasan penelitian untuk meningkatkan
hasil belajar melalui pembelajaran dengan model Jigsaw pada peserta
didik kelas X.JBg2 SMK Negeri 1 Wonoasri menunjukan hasil yang
cukup signifikan. Ketuntasan hasil belajar secara individu meningkat
dari 19 orang sebelum siklus I menjadi 29 orang pada siklus I, dan
meningkat lagi mejadi 34 orang pada siklus II. Rata-rata kelas meningkat
dari 70.29 sebelum siklus I menjadi 71.94 pada siklus I dan meningkat
Suwito
322 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
menjadi 79.09 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga mengalami kenaikan
dari 67.14% sebelum siklus I menjadi 80.00% pada siklus I dan 98.45%
pada siklus II. Berdasarkan uraian data tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA