PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB BERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Abstrak: Bahan ajar merupakan salah satu komponen utama dari kurikulum. Bahan ajar yang adil dan setara bagi anak perempuan dan laki-laki sangat penting untuk menghindari terjadinya bias gender. Hasil pengamatan di MTs Negeri Kare Madiun menunjukkan bahan ajar yang digunakan terdapat pembagian peran gender yang masih tidak setara dan adil, Dampaknya dapat mendorong persepsi yang negatif dalam hubungan gender dan terhadap sikap dan motivasi belajar siswa baik perempuan maupun laki-laki. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan membuat bahan ajar modul bahasa Arab yang menarik, dapat dipelajari secara mandiri dan proporsional dalam menyajikan peran gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseacrh and development (R&D) dengan tiga langkah. Pertama: Studi pendahuluan dengan melalui studi lapangan dan literasi. Kedua: Studi pengembangan dengan merancang desain pembelajaran sesuai karakteistik modul, desain modul dan konsep bahan ajar modul berperspektif gender untuk kemudian di validasi oleh tim ahli. Ketiga: Tahap hasil penerapan modul bahasa arab berperspektif gender. Hasil validasi ahli materi terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 82% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baikâ€. Kemudian hasil validasi ahli media mendapat nilai prosentase 78% sehingga dapat dikategorikan “Baikâ€. Sedangkan hasil validasi ahli gender mendapat nilai prosentase 86% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baikâ€. Hasil respon guru bahasa Arab terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 88 % sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baikâ€. Sedangkan hasil respon siswa mendapat nilai prosentase 88 % atau termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€.
Kata kunci: Bahan Ajar, Modul, Bahasa Arab, Gender.
Copyright (c) 2018 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA