UPAYA PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN KOMPOSISI DUA FUNGSI DAN INVERS SUATU FUNGSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS X MIPA-2 SMA NEGERI 1 GEGER KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2
Abstract
Abstrak: Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Salah satu elemen tersebut adalah adanya saling ketergantungan positif. Numbered heads together merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa, suatu metode yang merangsang siswa untuk aktif mengemukakan gagasan sehingga menimbulkan suasana yang menyenangkan. Dengan pembelajaran kelompok kecil, akan tercipta suasana yang saling mendorong agar siswa merasa saling membutuhkan Jika siswa senang maka perhatian terhadap tugas besar atau penuh sehingga hasil belajar akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan prestasi belajar matematika dalam menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dengan model pembelajaran numbered heads together siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I 65.35 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.78 dan pada siklus III 83.57. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan motivasi dan hasil belajar menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dengan model pembelajaran numbered heads together siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi, Model
Pembelajaran Numbered Heads Together
Copyright (c) 2019 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA