UPAYA PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN KOMPOSISI DUA FUNGSI DAN INVERS SUATU FUNGSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS X MIPA-2 SMA NEGERI 1 GEGER KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2

  • Makmun Fatoni

Abstract

Abstrak: Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Salah satu elemen tersebut adalah adanya saling ketergantungan positif. Numbered heads together merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa, suatu metode yang merangsang siswa untuk aktif mengemukakan gagasan sehingga menimbulkan suasana yang menyenangkan. Dengan pembelajaran kelompok kecil, akan tercipta suasana yang saling mendorong agar siswa merasa saling membutuhkan Jika siswa senang maka perhatian terhadap tugas besar atau penuh sehingga hasil belajar akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan prestasi belajar matematika dalam menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dengan model pembelajaran numbered heads together siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Geger  Kabupaten Madiun  tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I 65.35 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.78 dan pada siklus III 83.57. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan motivasi dan hasil belajar menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dengan model pembelajaran numbered heads together siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Geger  Kabupaten Madiun  tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi, Model

                      Pembelajaran Numbered Heads Together

Published
2019-08-05
How to Cite
Fatoni, M. (2019). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN KOMPOSISI DUA FUNGSI DAN INVERS SUATU FUNGSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS X MIPA-2 SMA NEGERI 1 GEGER KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 86-110. https://doi.org/10.5281/zenodo.3522862
Section
Articles