STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB-A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
pada jenjang Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB-A). Adapun
jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan
datanya menggunakan prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui
empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi pembelajaran PAI telah dilaksanakan dengan baik sesuai
dengan visi misi sekolah melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan
keagamaan di sekolah. Strategi yang digunakan oleh guru PAI tersebut
meliputi strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak
langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran
pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri yang dilaksanakan
melalui beragam metode dan teknik pembelajaran. Dari kelima strategi
tersebut, strategi pembelajaran langsung merupakan strategi yang paling
banyak digunakan. Dalam penerapannya, terdapat perbedaan strategi
pembelajaran yang diterapkan guru PAI terhadap siswa yang satu
dengan yang lainnya. Hal ini mengacu pada kondisi fisik dan psikologis
siswa.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, PAI, SLB-A, Tunanetra
Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA