METODE ROLE PLAYING (RPG) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 PONOROGO
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang
mempengaruhi belajar dan hasil belajar. Akan tetapi kuat dan lemahnya
motivasi berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti citacita,
kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsur-unsur dinamis dalam
belajar dan upaya guru dalam menggunakan metode atau media dalam
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
yang dimana pengambilan data menggunakan wawancara, obeservasi,
dokumentasi, tes hasil belajar mengajar. Sedangkan validitas data yang
digunakan dalam penelitian ini ialah teknik trianggulasi, selanjutnya
analisis data yang digunakan yaitu melakukan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan siswa. Hasil penelitian
dengan metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan media berbasis
Audiovisual ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan
dalam 4 kali pertemuan, masing-masing pertemuan berlangsung selama
2x45 menit. Penerapan Metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan
media berbasis Audiovisual telah dapat meningkatkan Motivasi belajar
siswa. Dimana pada penerapan metode pembelajaran Role Playing (RPG)
dengan media berbasis Audiovisual, siswa diajak untuk serta dalam
semua proses pembelajaran, yang masih terdapat banyaknya siswa yang
kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa terlihat malas
belajar, tidak bersemangat, dan tidak menunjukkan eskpresi gembira
dan lebih tertuju pada bersebrangan dengan tugas belajarnya seperti
main game di kelas dan nilai-nilainya cenderung terus-menerus turun
menurun. Dengan variasi pembelajaran yang terdiri dari bermain peran perkelompok membuat siswa merasakan suasana belajar yang lebih
menyenangkan dan materi yang disajikan dalam bentuk gambaran menjadi
lebih mudah dipahami.
Kata Kunci: Role Playing, Audiovisual
Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA