UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGANALISIS SIFAT LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT BERDASARKAN DAYA HANTAR LISTRIKNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN KONSEP PADA SISWA KELAS X-MIPA 3 SMA NEGERI 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJAR
Abstract
Kesulitan siswa dalam mempelajari materi “Menganalisis Sifat Larutan Elektrolit dan Larutan non Elektrolit Berdasarkan Daya Hantar Listriknya“ karena banyak menggunakan analisis dan pembelajaran yang bersifat abstrak. Untuk membantu siswa dalam memahami materi, maka diterapkan pembelajaran dengan metode Pembelajaran Penemuan Konsep. Strategi ini menantang asumsi bahwa seluruh resitasi dan diskusi perlu dilakukan di dalam seting seluruh kelompok. metode penemuan konsep memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Apakah ada peningkatan Prestasi Belajar Menganalisis Sifat Larutan Elektrolit dan Larutan non Elektrolit Berdasarkan Daya Hantar Listriknya dengan Metode Pembelajaran Penemuan Konsep Pada Siswa Kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 1 Dolopo Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan ada peningkatan ketuntasan prestasi belajar mata pelajaran Kimia pada standar kompetensi Menganalisis Sifat Larutan Elektrolit dan Larutan non Elektrolit Berdasarkan Daya Hantar Listriknya pada Siswa Kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 1 Dolopo Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran, Penemuan Konsep
Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA