PELINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL DALAM PRINSIP DILUSI MEREK

  • Muhammad Rifqi Fauzi

Abstract

Merek dalam kegiatan bisnis diperuntukan untuk mengidentifikasikan asal barang dan jasadari suatu perusahaan dengan barang dan/atau jasa perusahaan lain dan image, kuatilas atau reputasi barang dan/atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Tokopedia, Praktik Dilusi Merek Dalam Penjualan Pakaian Terkenal di Tokopedia, dan Tinjauan Hukum Dilusi Merek di Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif. Hasil penelitian ini adalah tokopedia adalah salah satu marketplace yang ada di Indonesia Pengusaha melakukan bisnis di dalam aplikasi perusahaan Tokopedia memasarkan produk yang sangat bervariasi. Beberapa pengusaha pakaian yang menjual pakaian di Tokopedia ditemukan menerapkan atau melakukan penjualan dilusi merek yaitu kaos Adidas menjadi “adadehâ€,  Nike just do it menjadi “butuh duitâ€,  My Trip My Adventure menjadi “My Trip tergantung duitâ€, dan  merek gucci menjadi merk cuci. Upaya hukum dalam perlindungan hukum merek terkenal juga dapat ditempuh melalui jalur non litigasi sesuai Pasal 93 UU MIG yaitu: “Selain penyelesaian gugatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 para pihak dapat menyelesaikan sengketa melalui arbitrase atau alternatif penyelesaian sengketa. Penting kiranya untuk menambahkan adanya perlindungan hukum terhadap dilusi merek sebagai aspek perlindungan secara moral dan ekonomi bagi pemilik merek dan/atau pemegang hak merek.

Published
2022-01-06
How to Cite
Muhammad Rifqi Fauzi. (2022). PELINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL DALAM PRINSIP DILUSI MEREK . El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(2), 47-60. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v9i2.4608
Section
Articles