Pelajaran Agama Pada Tingkat Primary School (Studi Komparatif Indonesia Dan Amerika)

  • Niswatin Khoiriyah UIN sunan ampel surabaya
  • Nur Kholis UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Maslikhatun Nisak Unversitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Setiap negara mengeluarkan kebijakan berkaitan dengan pendidikan yang meliputi kurikulum dan tata kelola. Salah satu sisi yang dapat dijadikan sebuah contoh dari Negara Amerika Serikat pada baiknya pengelolaan lembaga pendidikan. Sejarah masuknya Islam serta perkembangannya di Amerika Serikat mengungkapkan hal menarik untuk dipelajari. Artikel ini membahas tentang materi pelajaran agama tingkat pendidikan anak usia dini studi kasus Indonesia dan Amerika. Kajian ini memberikan gambaran tentang perbandingan pelajaran agama di sekolah Indonesia dan Amerika. Metode penelitian menggunakan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan agama di Amerika tentang sejarah agama-agama sedangkan untuk isi dari kitab setiap agama serta keyakinannya tidak diperbolehkan diajarkan di sekolah umum karena amerika menganut sistem Freedom of Religon, agama merupakan usur yang bersifat pribadi. Di sekolah yang berbasis agama diperbolehkan mengajarkan pendidikan agama sesuai basis lembaga pendidikannya. Sedangkan di Indonesia karena negera dengan penganut Islam terbesar dunia maka pendidikan agama Islam diajarkan pada sekolah berbasis agama islam dan sekolah umum.                                                                                                                                                  

Kata Kunci : Primary School, Pendidikan Agama Amerika dan Indonesia

Published
2022-06-30
How to Cite
Niswatin Khoiriyah, Nur Kholis, & Nur Maslikhatun Nisak. (2022). Pelajaran Agama Pada Tingkat Primary School (Studi Komparatif Indonesia Dan Amerika). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 10(01), 87-100. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v10i01.4828
Section
Articles