MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS ICT DI KABUPATEN MADIUN

  • Ali Suherman Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran. Meningkatkan kemampuan Guru dalam memanfaatkan Information and Communications Technology dalam menunjang proses belajar mengajarnya di kelas. Menumbuhkan persesi positif guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai layanan bantuan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan.Meningkatkan intensitas kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran sebagai wahana peningkatan kemampuan profesionalisme Guru. Penelitian ini menggunakan metode School Action Reserch (SAR), penelitian ini mengacu model PTS yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (2008) dalam Ritawati yang terdiri dari 4 tahap yang meliputi dengan Perencanaan, Tindakan , Observasi dan Refleksi. Subjek Penelitian adalah Guru di SMK Negeri 1 Gemarang dan SMK Negeri 1 Wonoasri yang berjumlah 199 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I sebesar 65,05% yang tergolong kurang, dan meningkat pada siklus II menjadi 72,14% yang tergolong kurang dan pada siklus III meningkat menjadi 86,70% dengan kategori baik

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Supervisi Akademik, ICT
Published
2023-01-19
How to Cite
Ali Suherman. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS ICT DI KABUPATEN MADIUN. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 10(02), 114-140. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v10i02.5164
Section
Articles