PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HADITS PADA MATA KULIAH SUNAN TIRMIDZI DI MA'HAD ALY HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG
Abstract
Abstrak: Model pembelajaran self direct learning merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan diterapkannya model pembelajaran ini adalah diharapkan mahasiswa dapat mengatur proses belajar dalam bentuk inisiatif sendiri, kebebasan belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan meningkatkan kemandirian belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman hadits mahasiswa Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang pada mata kuliah sunan trimidzi, bagaimana penerapan model pembelajaran self directed learning untuk meningkatkan pemahaman hadits pada mata kuliah sunan tirmidzi, apa saja faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran self directed learning untuk meningkatkan pemahaman hadits pada mata kuliah sunan tirmidzi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kajian ini menghasilkan temuan: 1) tingkat pemahaman hadits mahasiswa sebelum mendapatkan pengajaran model self directed learning hanya pada tahap mampu untuk mengerti atau memahami hadits Nabi SAW belum mampu melakukan kajian hadits secara lebih kritis dan mendalam 2) penerapan menggunakan tahap planning, implementing, monitoring dan evaluating. 3) faktor pendukung: referensi yang mudah dicari, pendampingan dosen dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat: media pembelajaran dan kurangnya keaktifan dan kesadaran mahasiswa.
Kata Kunci: model pembelajaran, self directed learning, pemahaman hadits
Copyright (c) 2023 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA