PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HADITS PADA MATA KULIAH SUNAN TIRMIDZI DI MA'HAD ALY HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG

  • Adib Bisri Mustofa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Rofiatul Hosna Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran self direct learning merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan diterapkannya model pembelajaran ini adalah diharapkan mahasiswa dapat mengatur proses belajar dalam bentuk inisiatif sendiri, kebebasan belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan meningkatkan kemandirian belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman hadits mahasiswa Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang pada mata kuliah sunan trimidzi, bagaimana penerapan model pembelajaran self directed learning untuk meningkatkan pemahaman hadits pada mata kuliah sunan tirmidzi, apa saja faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran self directed learning untuk meningkatkan pemahaman hadits pada mata kuliah sunan tirmidzi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kajian ini menghasilkan temuan: 1) tingkat pemahaman hadits mahasiswa sebelum mendapatkan pengajaran model self directed learning hanya pada tahap mampu untuk mengerti atau memahami hadits Nabi SAW belum mampu melakukan kajian hadits secara lebih kritis dan mendalam 2) penerapan menggunakan tahap planning, implementing, monitoring dan evaluating. 3) faktor pendukung: referensi yang mudah dicari, pendampingan dosen dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat: media pembelajaran dan kurangnya keaktifan dan kesadaran mahasiswa.

Kata Kunci: model pembelajaran, self directed learning, pemahaman hadits

Published
2023-06-10
How to Cite
Adib Bisri Mustofa, & Rofiatul Hosna. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HADITS PADA MATA KULIAH SUNAN TIRMIDZI DI MA’HAD ALY HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 11(1), 91-106. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v11i1.5337
Section
Articles