Nilai asmaul husna (al-quddus) dalam pendidikan Islam era society 5.0

  • Asep Syahrul Mubarok Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin banten
  • Anis Hidayatul Imtihanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi dari Asmaul Husna (Al Quddus) dalam kultur pendidikan di era 5.0. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi kepustakaan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pengumpulan data dari berbagai literatur yang kemudian dianalisa dan disimpulkan sebagai bentuk hasil kajian mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Asmaul Husna (Al-Quddus) dapat dimanifestasikan dalam Pendidikan Islam saat ini dalam bentuk Tazkiah al-Nafs. Pendidikan Islam di era Society 5.0 saat ini, hendaklah hadir untuk membina peserta didik agar menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela dan menghadirkan sifat-sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari terutama kehidupan masa kini yang berbasis teknologi. Sehingga dengan demikian, akan terbentuk manusia yang berjiwa suci dan berakhlak mulia, baik terhadap Allah, sesama manusia dan lingkungan sekitar maupun diri sendiri.

Kata kunci: Asmaul Husna, Pendidikan, Pendidikan Islam, Society 5.0

Published
2023-07-25
How to Cite
Asep Syahrul Mubarok, & Anis Hidayatul Imtihanah. (2023). Nilai asmaul husna (al-quddus) dalam pendidikan Islam era society 5.0. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 11(2), 1-19. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v11i2.5537
Section
Articles