Pengembangan model pembelajaran bahasa arab menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 di tingkat madrasah aliyah

  • Irsyad Kholis Fatchurrozaq Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
  • Mas’adah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun

Abstract

Abstrak : Pembahasan dalam jurnal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan penerapan pendekatan saintific learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di tingkat Madrasah Aliyah untuk para guru pengampu dan siswa. Dalam penelitian ini pendekatan saintifik menjadi prioritas, disebabkan adanya pergeseran kebijakan pemerintah terkait dengan persiapan pemberlakuan kurikulum 2013 atau kurikulum nasional. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian research and development  (R&D) yang melakukan pengembangan desain model pembelajaran bahasa Arab dari buku ajar yang telah ada. Adapun lokasi penelitian dalam skripsi ini hanya terbatas di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta sebagai satu-satunya lokasi penelitian dikarenakan adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan : 1) tersusunnya pengembangan buku desain pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintific learning kelas X Madrasah Aliyah secara sistematis, menarik dan mudah dipahami oleh para pembaca. 2) Hasil ujicoba untuk tingkat keberterimaan dari adanya buku desain model pembelajaran bahasa Arab ini sangat positif, disebabkan kebutuhan para guru dan siswa untuk dapat mengaplikasikan dan memahami langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan saintific learning.

Kata kunci: Pengembangan, model pembelajaran, saintific learning

Published
2023-12-25
How to Cite
Irsyad Kholis Fatchurrozaq, & Mas’adah. (2023). Pengembangan model pembelajaran bahasa arab menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 di tingkat madrasah aliyah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 11(2), 127-152. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v11i2.5617
Section
Articles