Implementasi pemikiran muhammad abduh pada pembelajaran al-quran hadits

  • Muhamad Fahmi Ridho Auliya Universitas Agama Islam Salatiga

Abstract

Abstrack : penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh pemikiran Muhammad Abduh terhadap gagasan islamisasi berbasis modern dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTS N 2 Kotamagelang. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian mencakup biografi singkat Muhammad Abduh, prestasinya, serta konsep pembaharuan pendidikan Islam yang meliputi modernisasi pendidikan formal, bidang kurikulum, metode pengajaran, dan pendidikan untuk wanita. Pemikiran Abduh juga mempengaruhi aspek modernisasi dan pemurnian ajaran Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTS N 2 Kotamagelang. Pembelajaran tersebut bertujuan untuk memahami, menghafal, dan mengamalkan isi Al-Qur'an dan Hadits, serta mengembangkan karakter religius pada peserta didik. Selain itu, pembelajaran Al-Qur'an Hadits juga mengadaptasi penggunaan media elektronik untuk mengembangkan pengetahuan, tetapi tetap mempertahankan nilai-nilai dasar Al-Qur'an dan Hadits. Kesimpulannya, implementasi pemikiran Muhammad Abduh dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTS N 2 Kotamagelang menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap gagasan islamisasi berbasis modern.

 

Kata kunci: Implementasi, Muhammad Abduh, Al Qur’an Hadits

 

Published
2024-03-27
How to Cite
Muhamad Fahmi Ridho Auliya. (2024). Implementasi pemikiran muhammad abduh pada pembelajaran al-quran hadits. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 12(1), 32-47. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v12i1.5689
Section
Articles