Kisah Nabi Adam dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia

  • Ummu Habibah Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAINU Madiun

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Nabi Adam dalam Al-Qur’an serta relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya dalam membentuk karakter dan moralitas peserta didik. Melalui pendekatan kepustakaan, penelitian ini mengkaji ayat-ayat yang berkaitan dengan penciptaan Nabi Adam, ujiannya sebagai khalifah, serta interaksinya dengan malaikat dan iblis, untuk menggali nilai-nilai pendidikan yang bisa diterapkan dalam konteks pendidikan karakter. Hasil analisis menunjukkan bahwa kisah Nabi Adam mengandung berbagai sikap dan perilaku positif seperti religiusitas, tanggung jawab, pemaaf, dan kemampuan untuk belajar dari kesalahan. Nilai-nilai ini sangat relevan dengan pola dasar pendidikan Islam di Indonesia yang menekankan pentingnya moralitas, akhlak mulia, dan pengelolaan alam semesta sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter yang berlandaskan pada kisah Nabi Adam dapat menjadi referensi yang kuat dalam mendidik generasi penerus bangsa agar memiliki karakter yang berakhlak, bertanggung jawab, dan menghargai alam semesta. Dengan demikian, kisah Nabi Adam dapat menjadi teladan dalam pembentukan moral dan etika yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat.

Kata kunci: Pendidikan Islam, Kisah Nabi Adam, Pendidikan Karakter, Relevansi, Moralitas.

 

Published
2025-01-06
How to Cite
Ummu Habibah. (2025). Kisah Nabi Adam dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 12(2), 61-75. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v12i2.6041
Section
Articles