Game-Based Learning : Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Arab di Era Digital
Abstract
Abstrak: Bosan dengan metode pembelajaran bahasa Arab yang itu-itu saja? Game-based learning hadir sebagai angin segar dalam dunia pendidikan bahasa Arab. Pendekatan ini tidak hanya menjadikan proses belajar lebih menarik, tetapi juga mendorong partisipasi siswa secara aktif. Dengan memanfaatkan elemen-elemen permainan, siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Melalui permainan, mereka tidak hanya diajak untuk memahami tatabahasa dan kosakata, tetapi juga berlatih berbicara dan mendengarkan dalam konteks yang lebih praktis. Keterlibatan emosional dan motivasi yang tinggi yang dihasilkan dari permainan dapat membantu siswa lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari. Misalnya, penggunaan aplikasi edukatif yang menawarkan kuis interaktif ataupun permainan papan yang bisa dimainkan kelompok, membuat siswa dapat belajar sambil bersosialisasi. Melalui tips yang disajikan, para pendidik juga diajak untuk merancang kegiatan yang kreatif dan kolaboratif, sehingga lingkungan belajar menjadi lebih dinamis. Dengan demikian, game-based learning bukan hanya merubah cara belajar, tetapi juga menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih berkesan dan efektif bagi siswa dalam mempelajari bahasa Arab.
Kata kunci: game-based learning, pembelajaran bahasa Arab, motivasi belajar, teknologi pendidikan, game edukasi
Copyright (c) 2025 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA