MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI CERITA DONGENG PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam manfaat pemberian cerita dongeng Islami dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak usia 5 hingga 12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan anak-anak, pendidik, dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan mendongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita dongeng Islami berperan penting dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep-konsep keislaman seperti kejujuran, kesabaran, tanggung jawab, dan rasa kasih sayang. Selain itu, pemberian cerita dongeng mampu membentuk sikap dan perilaku Islami yang positif dalam kehidupan sehari-hari anak, memperkuat kecerdasan spiritual dan emosional, serta meningkatkan minat dan motivasi belajar agama. Metode storytelling yang interaktif dan didukung media visual terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memperdalam internalisasi nilai-nilai agama. Penelitian ini merekomendasikan agar storytelling Islami menjadi bagian integral dalam kurikulum pendidikan formal maupun pengasuhan di keluarga guna membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan beriman kuat.
Copyright (c) 2025 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA