Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharah Kalam melalui Metode Taqdimul Qishah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Arab dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara (maharah kalam) siswa melalui penerapan metode taqdimul qishah (penyampaian cerita) di MAN 4 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Arab serta siswa kelas XI MAN 4 Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan strategi pembelajaran dalam tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan materi cerita yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa serta menyusun langkah-langkah pembelajaran yang mendukung aktivitas berbicara. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan mendongeng, re-telling, diskusi kelompok, dan bermain peran, yang terbukti mampu meningkatkan keberanian dan kelancaran siswa dalam berbahasa Arab. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif melalui pengamatan langsung, umpan balik, serta penggunaan portofolio. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti rendahnya kepercayaan diri siswa, keterbatasan kosakata, dan minimnya sarana pendukung. Namun, guru mampu mengatasinya dengan pendekatan yang kreatif dan adaptif. Dengan demikian, metode taqdimul qishah dinilai efektif dalam mengembangkan maharah kalām siswa jika diterapkan secara konsisten dan terstruktur.
Copyright (c) 2025 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA