Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Qira’ah Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII C Di Mts Wahid Hasyim Balung

  • Dwi Juli Priyono IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

“Implementasi metode cooperative learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran Qira’ah sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII C di MTs Wahid Hasyim Balungâ€. Salah satu metode dalam pembelajaran qira’ah yang berbasis kelompok adalah metode cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implemetasi metode cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran qira’ah sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII C MTs wahid hasyim balung dan keberhasilannya dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab siswa dalam pembelajaran qira’ah dengan STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,  dokumentasi dan test. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan guru bahasa arab MTs wahid hasyim balung tahun pelajaran 2021/2022. Analisis yang digunakan adalah analisis induktif, deduktif dan statistik jenis TDF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran qira’ah sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII C di MTs wahid hasyim balung dapat membantu siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan lebih memudahkan siswa dalam memahami materi, karena mereka dapat belajar bersama-sama temannya dalam suatu kelompok belajar. Proses pembelajaran qira’ah dengan STAD dapat membantu meningkatkan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII C MTs wahid hasyim balung. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil nilai post-test yang dignifikan yaitu 4,0. Adapaun nilai hasil rata-rata post-test pembelajaran qira’ah dengan STAD pada siklus I adalah 83,6 dan pada sikulus II adalah 87,6. Kata Kunci: Cooperative learning,Maharoh Qira’ah
Published
2022-05-25
How to Cite
Priyono, D. J. (2022). Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Qira’ah Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII C Di Mts Wahid Hasyim Balung. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 128-145. https://doi.org/10.53515/lan.v3i2.4630
Section
Articles