Dwi Juli Priyono IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH WALI SONGO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH WALI SONGO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Dwi Juli Priyono IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

Abstrak Pembelajaran bahasa arab adalah upaya guru memfasilitasi siswa dalam belajar bahasa arab dengan mengorganisir unsur-unsur yang dibutuhkan agar mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Artikel ini akan membahas tentang implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Diniyah Wali Songo Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus hingga datanyya jenuh. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dan Pembahasan artikel ini akan memaparkan mengenai konsep perencanaan metode Eklektik, Langkah-langkah Implementasi, dan memaparkan proses evaluasi metode Eklektik untuk meningkatkan membaca kitab Al-Miftah Al-lughotul Arabiyah di Madrasah Diniyah Wali Songo Jember.   Keyword: Implementasi, Metode Eklektik, Kompetensi Siswa, Membaca
Published
2023-11-29
How to Cite
Priyono, D. J. (2023). Dwi Juli Priyono IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH WALI SONGO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023: IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH WALI SONGO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 182-200. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5716
Section
Articles