KONTEKSTUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP ISLAM DALAM MODERASI BERAGAMA
Keywords:
Kontekstualisasi, Prinsip Pembelajaran Islam, Moderasi BeragamaAbstract
Artikel ini meneliti kontekstualisasi Prinsip Pembelajaran Islam dalam Moderasi Beragama. Masalah umum adalah bagaimana menggunakan Prinsip Islam dalam dinamika pendidikan modern. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk menjawab tantangan waktu dan perkembangan sosial yang membutuhkan pendekatan baru untuk mengajarkan nilai -nilai agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengintegrasikan nilai Moderasi Beragama ke dalam Kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian perpustakaan dengan memeriksa literatur dalam kaitannya dengan teori kontekstualisasi dan praktik Moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terkait konteks yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa dan penilaian Moderasi Beragama dan memperkuat peran guru sebagai pialang belajar. Studi kasus yang termasuk dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa kontekstualisasi Pembelajaran Islam dapat digunakan dengan sukses dalam berbagai pengaturan pendidikan dan memberikan pengetahuan yang berharga dalam pengembangan Moderasi beragama siswa didalam kehidupan sehari-hari.Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan (ISSN : 2549-9157xx) dan (EISSN: 2579-3543xx) diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STID Raudlatul Iman (STIDAR) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Sumenep Madura. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Interaksi sosial. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret dan september



