KONTEKSTUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP ISLAM DALAM MODERASI BERAGAMA

Penulis

  • Abdul Shohib Fiqriyana Program Magister Pasca Sarjana Universitas Kyai Abdullah Faqih Suci Manyar Gresik

Kata Kunci:

Kontekstualisasi, Prinsip Pembelajaran Islam, Moderasi Beragama

Abstrak

Artikel ini meneliti kontekstualisasi Prinsip Pembelajaran Islam dalam Moderasi Beragama. Masalah umum adalah bagaimana menggunakan Prinsip Islam dalam dinamika pendidikan modern. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk menjawab tantangan waktu dan perkembangan sosial yang membutuhkan pendekatan baru untuk mengajarkan nilai -nilai agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengintegrasikan nilai Moderasi Beragama ke dalam Kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian perpustakaan dengan memeriksa literatur dalam kaitannya dengan teori kontekstualisasi dan praktik Moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terkait konteks yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa dan penilaian Moderasi Beragama dan memperkuat peran guru sebagai pialang belajar. Studi kasus yang termasuk dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa kontekstualisasi Pembelajaran Islam dapat digunakan dengan sukses dalam berbagai pengaturan pendidikan dan memberikan pengetahuan yang berharga dalam pengembangan Moderasi beragama siswa didalam kehidupan sehari-hari.  

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-17

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.