Tradisi Akademik Pesantren: Perubahan Sistem Manajemen Dari Tradisional Ke Modern

Authors

  • AHMAD SHIDDIQ STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2748

Keywords:

Tradisi Akademik, Sistem Manajeman, dan Pesantren

Abstract

Pesantren as education institute can plant knowledge of Indonesia humanbeing, exhaustively. Science tradition of pesantren with a number of its peripheral,giving nuance differ from tradition outside pesantren. strong Science tradition inpesantren give stock [at] santri later after expressed to pass (mampu) master bukuTurn yellow ( Classicly), later;then get diploma from a kiai. tradition of Akademiksantri in pesantren, representing one form process complete study, which canpresent one grad buttonhole of pesantren eclectic have, matured personality [to],and high capable in engineer social. Instruction of bukus turn yellow the by kiaisantri [done/conducted] in form of sorogan, or bandungan of weton, deliberationclass and halaqah. While education system in PP Annuqayah that is system ofshalaf (tradisional) of khalaf (Modern, klasikal). this Shalaf System inmaisonette/bording of pesantren [in] Annuqayah used in maisonette/bordingpesantren of itself, good [of] Sorogan, weton, bandungan. system of Khalaf inMaisonette/bording of Pesantren Annuqayah in its growth, there is three appliedsystem in Maisonette/bording of Pesantren that is System of Klasikal, coursesssystem, practice and education.AbstrakPesantren sebagai lembaga pendidikan mampu menyemaikanpengetahuan manusia Indonesia, secara mendalam. Tradisi keilmuanpesantren dengan sejumlah perangkatnya, memberikan nuansa berbedadengan tradisi di luar pesantren. Tradisi keilmuan yang kuat dalampesantren memberikan bekal pada santri kelak setelah dinyatakan lulus(mampu) menguasai kitab Kuning (Klasik), kemudian mendapat ijazahdari seorang kiai. Tradisi akademik santri di pesantren, merupakan satubentuk proses pembelajaran yang tuntas, yang dapat menampilkan satusosok lulusan pesantren yang berwawasan luas, berkepribadian matang,dan berkemampuan tinggi dalam melakukan rekayasa social. Pengajarankitab-kitab kuning tersebut oleh santri kiai dilakukan berbentuk sorogan,bandungan atau weton, halaqah dan kelas musyawarah. Sedangkan sistempendidikan di PP Annuqayah yaitu sistem shalaf (tradisional) dan khalaf(Modern, klasikal). System shalaf ini dalam pondok pesantren diAnnuqayah digunakan dalam pondok pesantren itu sendiri, baik Sorogan,weton, bandungan. Sistem khalaf dalam Pondok Pesantren Annuqayahdalam perkembangannya, ada tiga sistem yang diterapkan di PondokPesantren yaitu Sistem Klasikal, sistem kursus-kursus, pendidikan danlatihan.

References

Anam, C, 2010, Pertumbuhan dan perkembangan NU, Surabaya: Duta Aksara.
Arifin, I. 1993, Kepemimpinan Kiai, Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang : Kalimasahada Press,
Arsip Dukumen Profil pondok pesantren Annuqayah Guluk-guluk Sumenep.(t.th),.
Asroha, H., 2004 Pelembagaan Pesantren, Asal Usul dan Perkembangan pesantren di Jawa, Jakarta DEPAG RI.
Baso, A, Pesantren Studies 2a, Buku II : Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial, Juz pertama : pesantren, Jaringan pengetahuan dan Karakter Kosmopolitan-kebangsaannya, Jakarta : Pustaka afid
Boklet, 2010, Profil Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura, Guluk-Guluk : Pusat Data Pondok Pesantren Annuqayah.
Bruinessen, Martin van, 2012, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Yogyakarta : Madianah
Dhofir, Z, 1994, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, Jakarta : LP3ES.
Jonge, H. De, 1989 Madura Dalam Empat Zaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi, dan Islam, Suatu studi Antropologi Ekonomi, Jakarta ; PT. Gramedia.
Madjid, N. K, Pola pergaulan dalam pesantren, dalam buku Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta : Dian Rakyat
__________ Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta : Dian Rakyat.
Makdisi, G, 1981, The Rise of Colleges, Institutions Of Learning In Islam And The West, Endiburgh University Press.
Mastuhu, 1994, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem pendidikan pesantren, Jakarta: INIS.
Mohtar, A, 2001, Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Ciputat: Kalimah.
Pingeaud, literature of Java, vol. 2 dan 3 serta Voorhoeve, handlist.
Prasojo, S, 1978, Profil Pesantren, Jakarta : LP3ES
Sajjad, B. A, 2007, Pondok Pesantren Annuqayah, Epistemology dan Sumbangan Fikiran untuk Pengembangan Keilmuan, Guluk-guluk : Penerbit PP. Annuqayah.
Siraj, S. A, 2012, Tasawwuf Sebagai Kritik Sosial, Jakarta. LTN.
Wahid, A, 2010, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: LKIS.
___________, 1982, Bunga Rampai Pesantren, LP3ES, Jakarta

Downloads

Published

2017-03-03

How to Cite

SHIDDIQ, A. (2017). Tradisi Akademik Pesantren: Perubahan Sistem Manajemen Dari Tradisional Ke Modern. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(02). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2748

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.