Peran Strategis Pedidikan Islam Dalam Mewujudkan Islamic Good Governance
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2749Keywords:
Islamic Good Governance (IGG), Pendidikan Islam, Peran Startegis.Abstract
It’s a certainly thing to applied good governance in a public interaction wholea state. Good governance is a major factor to satisfy all public needs as well aspossible. But, the fact nowdays is very far from our wish. So, we need to looking fora ideal good governance model, and the alternative is Islamic Good Governancewhich is has a clearence as an ideology and historical efectiveness. We just need aneffort to explore how to apply it contextually in a public service whole astate.Becouse Islam is perfectly an completely religion arround the world. It’s veryinterested to known how each of public components to contribute in it, specially forto islamic educational institution. It has a vitality contibution an strategic inexploring IGG.As we know that it is medium to creat as much as possible humanresources tha able to applied IGG.AbstrakPenerapan good governance merupakan keniscayaan bagi interaksimasyarakat berbangsa dan bernegara. Eksistensi good governance akanmenjadi faktor utama terpenuhinya hajat publik secara baik, merata, dansempurna. Namun faktanya seperti pungguk merindukan bulan, jauhdari harapan. Oleh karena itu merumuskan model good governance yangideal adalah langkah yang harus dilakukan. Salah satu alternatifnyaadalah Islamic good governance (IGG) yang memiliki landasan ideologiyang jelas dan memiliki fakta historis akan efektivitasnya. Sehinggadibutuhkan usaha keras untuk mengeksplorasi metode menerapkan IGGdalam konteks kekinian, sehingga kesempurnaan Islam sebagai agamadan ideologi mampu teraplikasi secara baik dalam kehidupan berbangsadan bernegara. Untuk itu menjadi menarik untuk memberikan peranyang proporsional terhadap elemen dan komponen masyarakat, salahsatunya adalah institusi pendidikan Islam. Ditinjau dari tujuan danfungsinya, institusi pendidikan Islam memiliki peran yang vital dalammengeksplorasi IGG (reinventing Islamic good governance). Karena institusipendidikan Islam merupakan wadah yang memiliki peran strategis bagiterciptanya SDM yang mumpuni bagi terwujudnya IGG.References
Abdurrahman Al-B, 1996, Sistem Pendidikan di Masa Khilafah Islam, Bangil: Penerbit Al-Izzah.
Abidari, R. dan Anggraeni, F, , 2014, Reinventing Government, Yogyakarta: Andi Offset.
Zahroh, A, 2014, Total Quality Management; Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Arruzz Media.
Nasim, A, Ekonomi Islam: Mensejahterakan Seluruh Rakyat, al-Wa’ie no. 130, Juni 2011, 29.
Kompri, 2015, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Kurnia, R, 2013, Peran Islam terhadap Peradaban Dunia, Hand Out Konferensi Internasional (JICMI), Jakarta.
Warsono, S. dkk., 2010, CGCG UGM’s Corporate Governance Rating Model, Yogyakarta: FEB UGM,
Sumarto, H, Sj, 2003 Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance, Bandung: Yayasan Obor Indonesia.
Yap Kioe Sheng, Chief Poverty Reduction Section UNESCAP, Good Governance, www.unescap.org, diakses tanggal 11 Nopember 2015, jam 09.30 wib.
Abidari, R. dan Anggraeni, F, , 2014, Reinventing Government, Yogyakarta: Andi Offset.
Zahroh, A, 2014, Total Quality Management; Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Arruzz Media.
Nasim, A, Ekonomi Islam: Mensejahterakan Seluruh Rakyat, al-Wa’ie no. 130, Juni 2011, 29.
Kompri, 2015, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Kurnia, R, 2013, Peran Islam terhadap Peradaban Dunia, Hand Out Konferensi Internasional (JICMI), Jakarta.
Warsono, S. dkk., 2010, CGCG UGM’s Corporate Governance Rating Model, Yogyakarta: FEB UGM,
Sumarto, H, Sj, 2003 Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance, Bandung: Yayasan Obor Indonesia.
Yap Kioe Sheng, Chief Poverty Reduction Section UNESCAP, Good Governance, www.unescap.org, diakses tanggal 11 Nopember 2015, jam 09.30 wib.
Downloads
Published
2017-03-03
How to Cite
KUNAIFI, A. (2017). Peran Strategis Pedidikan Islam Dalam Mewujudkan Islamic Good Governance. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(02). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2749
Issue
Section
Articles