Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751Keywords:
Dinamika, Kepemimpinan, Pondok PesantrenAbstract
The writer conducted a qualitative research approach of social phenomenology;the data in this study were collected by using observation, in-depth interviews, anddocumentations. In order to articulate the leadership of the Islamic boarding school,the data has been analyzed by using qualitative methods with the mindset ofdeductive-inductive. The process of data analysis carried out in phases: datareduction, data presentation, and conclusion.The dynamics of leadership in Islamic boarding school. The figure of Kiai isthe central figure and more of it is a determinant factor to the success of studentsin the search for knowledge, leadership models used a model of democraticleadership. In that sense, all the information from the outside before being madepolicies (rules) boarding schools, first in the filter by a caregiver. Developmentprograms are prioritized in formal and non-formal. The inhibitors of Islamicboarding school leadership, namely: Human Resource students, education funds,and the interest of society to change the tendency towards salafiyah and modernvalues. Supporting; Their means of education oriented to the development ofstudents, and institutions that help students accommodate their talents andinterests to develop.AbstrakPondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yangmenempatkan sosok kiai sebagai tokoh sentral dan masjid atau surausebagai pusat lembaganya. Lembaga ini merupakan institusi pendidikanIslam tertua di Indonesia dan sekaligus merupakan bagian dari warisanbudaya bangsa (indigenous culture). Maka, bukanlah kebetulan jikapesantren masih dapat bertahan hingga saat ini.Dinamika kepemimpinan di pesantren. Sosok kiai merupakan figursentral dan lebih dari itu merupakan faktor determinan terhadapsuksesnya santri dalam mencari pengetahuan, model kepemimpinanmenggunakan model kepemimpinan demokrasi. Dalam artian, Semuainformasi dari luar sebelum dijadikan kebijakan (aturan) pesantren,terlebih dahulu di filter oleh pengasuh. Pengembangan programdiprioritaskan pada pendidikan formal dan non-formal. Penghambat darikepemimpinan pesantren ini, yaitu: Sumber daya santri, Dana pendidikan,dan Minat masyarakat yang mengalami perubahan kecenderunganterhadap nilai salafiyah dan modern. Penunjangnya; Adanya saranapendidikan yang berorientasi pada pengembangan santri, dan lembagayang membantu santri mengakomodir bakat dan minatnya untukberkembang.References
Azra, A, 1999, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.
Dhofier, Z, 1994, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan HidupKiai, cet.VI, (Jakarta: LP3ES.
Horikoshi, H, 1987, Kiai dan Perubahan Sosial, Jakarta: P3M.
Karyadi, M., 1989, Kepemimpinan (Leadership), Bandung: Karya Nusantara.
Masyhud, S. dan Khusnurdilo, 2003, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Muhajir, N, 1987, Kepemimpinan Adopsi Inovasi untuk Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulkham, A. M, 1998, Rekonstruksi Pendidikan dan Pustaka Tradisi Pesantren (Relegiusitas Iptek), Yogyakarta: Fak Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga & Pustaka Pelajar.
Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, A, 2003, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.
Raharjo, M. D, 1995, Pesantren dan Pembaharuan, cet.V, Jakarta: LP3ES.
Sasono, A. & Hafiduddin, D, AM. & Saefuddin, dkk, 1998, Solusi Islam atas Problematika Umat, cet.I, Jakarta: Gema Insani Pers.
Siagian, S. P., 1994, Filsafat Administrasi, Jakarta: Mas Agung,.
_____________, 1992, Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara.
Siraj, S. A, 1999, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah.
Steenbring, K. A., 2002, Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES.
Suharto, B, 2011, Dari Pesantren untuk Umat, Surabaya: IMTIYAZ.
Sunindhia, YW. dan Widayanti, N, 1993, Kepemimpinan dalam Masyarakat Modern, Jakarta: Asdi Mahasatya.
Zada, K, dkk, 2003, Intelektualisme Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Ziemek ,M., 1986, Pesantren dan Perubahan Sosial, Jakarta: P3M.
Afiful khoir
Haedari, A, 2004, Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press.
Asegaf, A. R., 2007, Pendidikan Islam di Indoonesia, Yogyakarta : Suka Press.
Asmani, J. M., 2009, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Yogyakarta: Diva Press.
DEPAG RI DIRJEN, 2003, Kelembagaan Agama Islam, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta: DEPAG RI.
Indra, H, 2005, Pendidikan Islam Melawan Globalisasi, Jakarta: Rida Mulia.
Machali, I, 2004, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Presma dan Ar-Ruzz Media.
Masyhud, S, 2004, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, A, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya…,
Qomar, M, 2008, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi,(Jakarta: Erlangga.
Rahardjo, 1985, Pergulatan Dunia Pesantren Dari Bawah, Jakarta: P3M.
Rahmat, J, 1996, Islam Aktual Refleksi Sosial Seorang Cendikiawan Muslim, Bandung: Mizan.
Shulhan, M, 2013, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.
Suismanto, 2004, Menelusuri Jejak Pesantren, Yogyakarta: Alif press.
Tim Penyusun, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Tirtarahardja, U, 1994, Pengantar Pendidikan, Jakarta: DIKTI DEPDIKBUD.
Wahid, A, 1999, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah.
Dhofier, Z, 1994, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan HidupKiai, cet.VI, (Jakarta: LP3ES.
Horikoshi, H, 1987, Kiai dan Perubahan Sosial, Jakarta: P3M.
Karyadi, M., 1989, Kepemimpinan (Leadership), Bandung: Karya Nusantara.
Masyhud, S. dan Khusnurdilo, 2003, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Muhajir, N, 1987, Kepemimpinan Adopsi Inovasi untuk Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulkham, A. M, 1998, Rekonstruksi Pendidikan dan Pustaka Tradisi Pesantren (Relegiusitas Iptek), Yogyakarta: Fak Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga & Pustaka Pelajar.
Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, A, 2003, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.
Raharjo, M. D, 1995, Pesantren dan Pembaharuan, cet.V, Jakarta: LP3ES.
Sasono, A. & Hafiduddin, D, AM. & Saefuddin, dkk, 1998, Solusi Islam atas Problematika Umat, cet.I, Jakarta: Gema Insani Pers.
Siagian, S. P., 1994, Filsafat Administrasi, Jakarta: Mas Agung,.
_____________, 1992, Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara.
Siraj, S. A, 1999, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah.
Steenbring, K. A., 2002, Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES.
Suharto, B, 2011, Dari Pesantren untuk Umat, Surabaya: IMTIYAZ.
Sunindhia, YW. dan Widayanti, N, 1993, Kepemimpinan dalam Masyarakat Modern, Jakarta: Asdi Mahasatya.
Zada, K, dkk, 2003, Intelektualisme Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Ziemek ,M., 1986, Pesantren dan Perubahan Sosial, Jakarta: P3M.
Afiful khoir
Haedari, A, 2004, Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press.
Asegaf, A. R., 2007, Pendidikan Islam di Indoonesia, Yogyakarta : Suka Press.
Asmani, J. M., 2009, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Yogyakarta: Diva Press.
DEPAG RI DIRJEN, 2003, Kelembagaan Agama Islam, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta: DEPAG RI.
Indra, H, 2005, Pendidikan Islam Melawan Globalisasi, Jakarta: Rida Mulia.
Machali, I, 2004, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Presma dan Ar-Ruzz Media.
Masyhud, S, 2004, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, A, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya…,
Qomar, M, 2008, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi,(Jakarta: Erlangga.
Rahardjo, 1985, Pergulatan Dunia Pesantren Dari Bawah, Jakarta: P3M.
Rahmat, J, 1996, Islam Aktual Refleksi Sosial Seorang Cendikiawan Muslim, Bandung: Mizan.
Shulhan, M, 2013, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.
Suismanto, 2004, Menelusuri Jejak Pesantren, Yogyakarta: Alif press.
Tim Penyusun, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Tirtarahardja, U, 1994, Pengantar Pendidikan, Jakarta: DIKTI DEPDIKBUD.
Wahid, A, 1999, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah.
Downloads
Published
2017-03-03
How to Cite
ARIFIN, S. (2017). Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(02). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751
Issue
Section
Articles