Pemimpin Profesional Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2753Keywords:
Pemimpin Profesional, Lembaga Pendidikan MadrasahAbstract
AbtractProfessional leaders madrasah education institutions is a capable of givingdirection, setting objectives to be achieved, providing a solution for any problems,make decisions, site planning and strategy. He was a terrific in implementing theconcept. He actively communicate, coordinate, supervise and conduct theevaluation. The important thing is he motivate teachers and staff tobecomeprofessional teachers and professional staff. He built the morale and spirit oftogetherness in madrasa education institutions, teach, train, and give advice. Allhope it will materialize when a headmaster has the integrity to lead madrasaheducation institution to become an institution of superior qualityAbstrakPemimpin profesional lembaga pendidikan madrasah adalah seorangyang mampu memberikan arah, menetapkan tujuan yang akan dicapai,memberikan solusi terhadap setiap permasalahan, membuat berbagaikeputusan, perecanaan dan strategi. Ia adalah seorang yang hebat dalampengimplementasian konsep. Ia aktif berkomunikasi, berkoordinasi,mensupervisi dan mengadakan evaluasi. Yang terpenting adalah iamemotivasi para guru dan tenaga kependidikan untuk menjadi guru dantenaga kependidikan yang profesional. Ia membangun moral dansemangat kebersamaan dalam lembaga pendidikan madrasah,mengajarkan, melatih, dan memberi petuah. Semua harapan itu akanterwujud bila seorang kepala madrasah memiliki integritas untukmemimpin lembaga pendidikan madrasah menjadi lembaga yang ungguldan berkualitas.References
Asmara, U. H, 1985, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Bogor: Ghalia Indonesia.
Wijanarko, B., Konsep Kewirausahaan Bagi Kepala Sekolah, (http://www.vedcmalang.com, 2015).
Dirjen Pendidikan Islam, 2015, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Kemenag RI.
Fatah, N, 1999, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukhtar dan Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhaimin, 2003, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pusat Studi Agama, Politik dan Masyarakat (PSAPM) bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Purwanto, N, 2005, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Sahertian, Piet A., 2000, Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir d
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sagala, S, 2005, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wijanarko, B., Konsep Kewirausahaan Bagi Kepala Sekolah, (http://www.vedcmalang.com, 2015).
Dirjen Pendidikan Islam, 2015, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Kemenag RI.
Fatah, N, 1999, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukhtar dan Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhaimin, 2003, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pusat Studi Agama, Politik dan Masyarakat (PSAPM) bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Purwanto, N, 2005, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Sahertian, Piet A., 2000, Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir d
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sagala, S, 2005, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
2017-03-03
How to Cite
MUNDIR, A. (2017). Pemimpin Profesional Madrasah. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(02). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2753
Issue
Section
Articles