Wasiat Pendidikan Sufistik Dalam Naskah Tanbih Mursyid Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid Tqn Suryalay)

Authors

  • Ach. Sayyi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2947

Keywords:

Education Sufic; Tanbih; Murshid TQN.

Abstract

Pendidikan sufi ini menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh individu dan masyarakat. Karakter moral masyarakat yang lemah perlu dikembangkan lebih jauh melalui berbagai cara yaitu pendidikan sufi secara vertikal adalah moral dan penyembahan kepada Allah, dan secara horizontal merupakan moral yang baik bagi sesama makhluk. Beberapa contoh hal yang dapat meningkatkan tingkat moral dan karakter adalah; Pertama, pendidikan awal dalam keluarga menanamkan karakter sejak dini oleh orang tua dan lingkungan sekitar seperti kejujuran, tanggung jawab, keberanian, sopan santun, rendah hati, murah hati dan sebagainya. Kedua, mengadakan kegiatan spiritual seperti pembacaan rutin, Kelahiran Nabi, habituasi zikir / wird setelah sholat. Ketiga, mengadakan pelatihan (Riyadlah) dalam bentuk munajat kepada Allah SWT. Murshid Tanbih TQN Suryalaya pada dasarnya menawarkan rangkaian solusi untuk mewujudkan pendidikan yang menekankan nilai-nilai penciptaan manusia yang sempurna.   Abstrak   This Sufi education becomes very important and much needed by individuals and society. The weak moral character of society is needs to be developed further through many ways which is Sufi education vertically is morals and worship Allah properly, and horizontally is a good moral to fellow beings. Some examples of things that can increase the level of moral and character is; First, the early education in families instill character early on by parents and the surrounding environment such as honesty, responsibility, courage, courtesy, humble, generous and so forth. Second, hold spiritual activities such as regular recitation, Birth of the Prophet, habituation zikir / wird after prayer. Third, hold trainings (Riyadlah) in the form of munajat to Allah SWT. Murshid Tanbih script TQN Suryalaya essentially offers a suite of solutions to realize education that emphasizes the values ​​of the creation of perfect man.

References

Abdullah, H. 1980. Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-tokohnya di Nusantara, Surabaya, al Ikhlas,
Ahmadi, 2005. Ideologi Pendidikan Islam, Pradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
‘Arifin, dan Tajul, A. S. 2006. Uqudul Juma’an, Bandung,: Wahana Grafika,
________, Miftah al-Shudur 2006. “Kunci Pembuka Hati melalui Pendekatan Dzikrullah, Bandung,: Wahana Grafika,
________, 1983. Akhlak Al-Karimah al-Mahmudah Berdasarkan Mudawama Dzikrullah, Tasikmalaya: Kutmas,
________, 1976. Tanbih dan Asas Tujuan Thariqat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya,
Al-Hijazi, H. A, 2001. Manhaj Tarbiyah Ibnu Qoyyim, Jakarta: Pustaka Al-Kausar,
Al-Nazili, M. H. 1996, Khazinat al-Asrar Jahilat al-Adlkar, Semarang: Usaha Jaya,
Furchan, A dan Maimun, A. 2005. Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Bassar, A. S, 2009. “Implementasi Nilai-nilai Sufistik dalam Kurikulum Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah”, dalam JurnalTasawuf dan Kebudayaan Islam, edisi 1 tahun
Depertemen Agama RI, Al-Quran dan terjamahannya, yayasan penyelenggaraan penafsir/penerjamah Al-Qur’an.
Dhofier, Z. 1990.Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Klaus, K. 2004. Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition), California: Sage Publication.
Majid, A. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margono, S, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, Cet, ke-2.
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
_________, 1993. Pemikiran Pendidikan Islam;Kajian Filosofis dan kerangka Dasar Operasionalisasinya,. Bandung: PT Triganda Raya.
Mulyati, S. dkk. 2005. Mengenal dan Memahami Tarekat-tarekat Muktabaroh di Indonesia, Jakarta: Kencana.
________2010. Peran Edukasi Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah dengan Referensi Utama Suryalaya, Jakarta: Kencana
Nasution, H. A. S. 1997. Samudera Tanbih, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti PP. Suryalaya.
________, 1997. Samudera Tanbih,Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti PP. Suryalaya
Praja, J. S. dan Zaenal A. A. 1990. “Pengaruh TQN PP. Suryalaya di Dalam dan Luar Negeri”, dalam Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah, ed. Harun Nasution, Tasikmalaya: Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Rachmat, M. 2005. Tanbihdari Masa ke Masa, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti PP. Suryalaya.
Sahlan, A. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Salamah, U. 2005. Sosialisme Tarekat: Menjejaki Tradisi dan Amaliah Spiritual Sufisme Bandung: Humaniora.
Abdurrahman, S. 1999. Metode Penelitian suatu Pemikiran dan Penerapannya Jakarta: Reneka Cipta.
Syiraj, S. A. 2006. Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, mengedepankan Islam sebagaiinfirai, bukanAsfirasi, Bandung, Mizan.
Sunardjo, U. 1995. Menelusuri Perjalanan Sejarah Pondok Pesantren Suryalaya, Pusat Pengembangan Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyyah Abad Kedua puluh, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya.
Thohir, A. dkk. 2011. Tarekat Qodiriyyah Naqsabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya Membangun Peradaban Dunia, Tasikmalaya: Mudawwamah Warohmah Press.
Yahya, K. 1982. Penjelasan Tentang Wasilah dan Mursyid, Universitas Panca Budi Medan.

Downloads

Published

2017-07-01

How to Cite

Sayyi, A. (2017). Wasiat Pendidikan Sufistik Dalam Naskah Tanbih Mursyid Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid Tqn Suryalay). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2947

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.