Implementasi Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ogan Komering OLU
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7239Keywords:
Penilaian Diagnostik; Evaluasi PAI; Kurikulum Merdeka; Sekolah Menengah Kejuruan; Pemahaman PAIAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 OLU dengan menggunakan pendekatan asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik menjadi metode evaluasi yang dipilih untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam proses belajar-mengajar. Penelitian lapangan ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Subjek penelitian melibatkan guru dan peserta didik. Analisis kualitatif dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data untuk memahami implementasi asesmen diagnostik dalam proses pembelajaran PAI. Hasil penelitian memberikan gambaran naratif yang komprehensif tentang implementasi asesmen diagnostik dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, sesuai dengan kebutuhan kemampuan dan kondisi siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi asesmen diagnostik dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah kejuruan. Integrasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan strategi evaluasi pembelajaran yang lebih baik di masa depan, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 OLUReferences
Budiono, Arifin Nur, and Mochammad Hatip. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.†Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8, no. 1 (2023): 109–123.
Creswell, John W. “Penelitian Kualitatif & Desain Riset.†Yogyakarta: pustaka pelajar (2015): 1–634.
Firdaus, Heroza, Azkya Milfa Laensadi, Gupo Matvayodha, Fitri Nauli Siagian, and Ika Aryastuti Hasanah. “Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 4 (2022): 686–692.
Hamdi, Mohamad Mustafid. “Evalusi Kurikulum Pendidikan.†Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 66–75.
Hasmawati, Hasmawati, and Ahmad Muktamar. “Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam.†Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 1, no. 3 (2023): 197–211.
Himmah, Faiqotul, and Yoso Wiyarno. “Pengembangan Aplikasi Asesmen Diagnostik Berbasis Computer Based Test (Cbt) Menggunakan Moodle.†JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 8, no. 3 (2023): 1022–1032.
Komalawati, Rina. “Manajemen Pelaksanaan Tes Diagnostik Awal Di Sekolah Dasar Pasca Belajar Dari Rumah Untuk Mengidentifikasi Learning Loss.†Jurnal Edupena 1, no. 2 (2020): 135–148.
Kristyowati, Vidya, and Sigit Priatmoko. “Analisis Miskonsepsi Stoikiometri Melalui Tes Diagnostik Berbantuan Cerainty of Respons Index.†Chemistry in Education 12, no. 1 (2023): 67–75.
Miles, Matthew B, and A Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. sage, 1994.
Mustafa, Pinton Setya, and Ndaru Kukuh Masgumelar. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan Dalam Pendidikan Jasmani.†Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 8, no. 1 (2022): 31–49.
Mustika, I Kadek. “Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis It Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka.†Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra 12, no. 2 (2022): 13–22.
Rahardjo, Susilo, and Edris Zamroni. Teori Dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testing. Prenada Media, 2019.
Rakhmi, Martina Puspita, Asep Purwo Yudi Utomo, and Wildan Ghufron. “Pemanfaatan Google Form Dalam Asesmen Diagnostik Di SMA Negeri 11 Semarang.†Concept: Journal of Social Humanities and Education 2, no. 1 (2023): 115–126.
Rohmah, Fitri, and Akhmad Sayuti. “Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Pada Perguruan Tinggi.†ICoIS: International Conference on Islamic Studies 2, no. 1 SE-Articles (November 25, 2021). https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/30.
Rois, Adib Khusnul, and Vivanda Ariani. “Ice Breaking Creating Fun Learning Perspectives on Learning Psychology and Neuroscience at MI Muhammadiyah 1 Ponorogo.†Halaqa: Islamic Education Journal 6, no. 2 (2022): 123–128.
Sasomo, Budi, and Arum Dwi Rahmawati. “Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kurikulum Merdeka.†Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2023): 250–263.
Schulz, Andreas, Timo Leuders, and Ulrike Rangel. “The Use of a Diagnostic Competence Model about Children’s Operation Sense for Criterion-Referenced Individual Feedback in a Large-Scale Formative Assessment.†Journal of Psychoeducational Assessment 38, no. 4 (2020): 426–444.
Sholeh, Muh Ibnu, and Nur Efendi. “Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital.†Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5, no. 2 (2023): 104–126.
Soeharto, Soeharto. “Development of a Diagnostic Assessment Test to Evaluate Science Misconceptions in Terms of School Grades: A Rasch Measurement Approach.†Journal of Turkish Science Education 18, no. 3 (2021): 351–370.
Soeharto, Soeharto, Benő Csapó, Eri Sarimanah, F I Dewi, and Tahmid Sabri. “A Review of Students’ Common Misconceptions in Science and Their Diagnostic Assessment Tools.†Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8, no. 2 (2019): 247–266.
Sugiyono. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edited by Alfabeta. Bandung, 2019.
Sulis, Khalid Abdurrahman, Arjun Kristiyo Sambodo, and Zaenal Abidin. “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Batik 2 Surakarta.†IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 2, no. 1 (2024): 283–288.
Wati, Windya. “Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Understanding by Design Pada Pembelajaran PAI SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah.†GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 4 (2022): 373–378.
Wibowo, Satrio Budi, Saifuddin Azwar, Maria Goretti Adiyanti, and Supra Wimbarti. “Kritik Terhadap Penggunaan IQ Dalam Diagnosis Kesulitan Belajar Spesifik.†Buletin Psikologi 28, no. 1 (2020): 15–27.
Yani, Dwi, Susriyati Muhanal, and Aynin Mashfufah. “Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar.†Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP) 1, no. 3 (2023): 241–250.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ilham Fahmi, Dwi Wahyu, Siti Ayu Aisyah, Kasinyo Harto, Ermis Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.